Apa itu Motherboard dan Fungsinya Serta Gambarnya

Pengertian Motherboard dan Fungsinya Serta Gambarnya - Motherboard adalah papan sirkuit di mana berbagai komponen elektronik yang terhubung seperti pada PC atau Macintosh dan sering disingkat dengan kata mobo.

Rasa lain dari motherboard atau dengan kata lain mainboard adalah papan utama dalam bentuk PCB yang memiliki chip BIOS (drive program), jalur dan konektor sebagai sambungan ke setiap perangkat.



Sebuah motherboard yang ditemukan di pasaran saat ini adalah motherboard milik PC yang pertama kali dibangun atas dasar untuk memenuhi spesifikasi PC IBM.

Baca juga: Komponen komponen motherboard

Motherboard adalah komponen utama dari sebuah PC, karena pada motherboard-semua komponen PC Anda akan disatukan. Bentuk motherboard seperti papan sirkuit elektronik. Motherboard adalah tempat data berlalu.  Motherboard menghubungkan semua peralatan komputer dan membuatnya bekerja bersama-sama sehingga komputer berjalan dengan lancar.

Juga membaca artikel yang mungkin terkait: hardware adalah

Sejarah motherboard

Sebelum munculnya mikroprosesor, komputer biasanya dibangun dalam kasus kartu-kandang atau mainframe dengan komponen yang dihubungkan oleh backplane yang terdiri dari satu set slot sendiri dihubungkan dengan kabel, dalam kabel koneksi desain yang sangat tua bahwa antara PIN konektor kartu, tetapi papan sirkuit tercetak segera menjadi praktek standar.

Unit Pengolahan tengah, memori dan periferal ditempatkan pada papan sirkuit tercetak individu yang dicolokkan ke backplate. Selama akhir 1980-an dan 1990-an, menjadi ekonomis untuk bergerak meningkatkan jumlah fungsi perifer ke motherboard.  

Pada akhir 1990-an, banyak motherboard komputer pribadi mendukung berbagai macam audio, video, Penyimpanan, dan fungsi jaringan tanpa perlu untuk setiap kartu ekspansi sama sekali; Sistem akhir yang tinggi untuk game 3D dan grafis komputer biasanya tetap hanya kartu grafis sebagai komponen terpisah.

Pelopor awal pembuatan motherboard adalah Micronics, Mylex, AMI, SEC, Hauppauge, Orchid Technology, Elitegroup, DFI, dan sejumlah manufaktur berbasis di Taiwan.

Komputer yang paling populer seperti Apple II dan IBM PC telah menerbitkan diagram skematik dan dokumentasi lain yang memungkinkan reverse engineering yang cepat dan motherboard pengganti pihak ketiga.  Hal ini biasanya dimaksudkan untuk membangun komputer baru yang kompatibel dengan contoh, motherboard yang menawarkan kinerja tambahan atau fitur lainnya dan digunakan untuk meng-upgrade produsen peralatan asli

Mainboard istilah diterapkan ke perangkat dengan satu papan dan tidak ada ekspansi atau kemampuan tambahan. Dalam istilah modern ini akan mencakup sistem tertanam dan kontrol papan di televisi, mesin cuci, dll. Sebuah motherboard khusus mengacu pada papan sirkuit tercetak dengan kemampuan ekspansi.

Lihat juga artikel terkait: VGA Card adalah

Fungsi motherboard

Fungsi utama dari motherboard adalah sebagai hub koneksi antara satu perangkat keras dan yang lain. Ini berarti bahwa motherboard di sini memegang tugas menghubungkan bahasa kode antara perangkat keras menjadi sama dengan aktivitas kerja perangkat komputer. Sebagai contoh, motherboard berfungsi untuk menghubungkan beberapa perangkat keras seperti prosesor, RAM, hard disk, catu daya, dll.

Dengan fungsinya seperti ini, adalah normal jika motherboard memang salah satu komponen penting dalam sistem komputer, karena ini adalah rumah bagi komponen perumahan untuk komputer.

0 Response to "Apa itu Motherboard dan Fungsinya Serta Gambarnya"

Posting Komentar