Memahami Topologi Jaringan Komputer

Topologi Jaringan adalah aspek yang harus dipertimbangkan saat membangun jaringan komputer. Perusahaan harus sepenuhnya mempertimbangkan kelebihan aspek dan kerugian dari masing-masing jenis topologi jaringan sebelum memutuskan untuk memilih.

Pada artikel ini kita akan membahas tentang topologi jaringan mulai dari pemahaman, berbagai jenis topologi jaringan bersama dengan kekurangan dan keuntungan masing-masing.

Pengertian Topologi Jaringan Komputer

Topologi Jaringan adalah cara untuk membuat sejumlah komputer saling berhubungan satu sama lain, menggunakan kabel dan nirkabel. Biasanya, tujuan topologi jaringan adalah untuk pertukaran informasi yang mudah.

Topologi Jaringan sering digunakan oleh perusahaan, lembaga, atau badan lembaga sehingga antar anggota dapat berkomunikasi dengan satu sama lain dengan cepat dan aman.

Berbagai topologi jaringan

Metode untuk membuat topologi jaringan memiliki banyak variasi, tergantung pada pilihan dan kebutuhan penggunanya. Setiap metode memiliki kekurangan dan keuntungannya. Berikut adalah berbagai topologi jaringan.

1. topologi ring

Ini adalah metode topologi jaringan yang banyak digunakan di perusahaan. Seperti namanya, metode ini menghubungkan antara komputer dengan membentuk seri seperti lingkaran.

Untuk membuat jaringan membentuk lingkaran tertutup seperti cincin, setiap komputer perlu dihubungkan secara seri satu sama lain. Sistem topologi jaringan berbentuk cincin dibuat untuk dapat berinteraksi satu sama lain dalam keadaan dekat atau jauh.

Sebuah fitur khusus dari topologi ring menggunakan kabel tipe UTP dan patch Cable membentuk lingkaran sederhana yang menyerupai jaringan yang terdiri dari beberapa node yang disusun secara seri. Gerakan data berjalan satu arah sehingga tidak ada kemungkinan untuk bertabrakan.

Cara kerja topologi jaringan Ring digambarkan sebagai berikut.

Setiap node di pusat memiliki penguat sinyal di kedua sisinya. Jadi, setiap perangkat bekerja sama untuk memperkuat sinyal. Sebuah alat yang disebut token akan membantu selama penerimaan sinyal dan proses penerusan.
Token juga berfungsi sebagai pengantar data jika diperlukan oleh node.

Berikut adalah kelebihan dari topologi jaringan berbentuk cincin.
  1. Mudah dirancang.
  2. Untuk tingkat jaringan yang sederhana, topologi ring mencakup lebih baik daripada pilihan lain seperti topologi jaringan bus.
  3. Mudah untuk melakukan instalasi baru.
  4. Efisien penggunaan kabel.
  5. Laju aliran data yang lebih tinggi.
  6. Ini tidak memiliki risiko tabrakan karena aliran data berjalan dalam satu arah.


Berikut ini adalah kekurangan dari topologi jaringan berbentuk cincin.
  1. Jika ada kerusakan pada satu sisi, sistem secara keseluruhan akan terganggu.
  2. Kecepatan aliran data tergantung pada jumlah node dalam jaringan. Jadi, jenis topologi ini tidak cocok untuk sistem yang memiliki banyak jaringan.
  3. Sinyal lebih lemah jika simpul jarak jauh cukup.
  4. Proses untuk menambah atau mengurangi perangkat jaringan mempengaruhi seluruh sistem.
2. topologi bintang
Topologi Jaringan bintang atau bintang adalah jaringan dari beberapa komputer yang memiliki koneksi dengan node yang terletak di jaringan pusat. Jadi, setiap perangkat memiliki koneksi dengan node yang berada di tengah sistem jaringan.

Banyak perusahaan juga menggunakan sistem topologis seperti ini. Sistem kerja topologi jaringan bintang adalah untuk menempatkan satu jaringan sebagai pusat dari semua kegiatan.

Semua pertukaran data dilakukan dengan melewatkan jaringan di tengah. Sebuah istilah yang sering digunakan dalam teknologi informasi, sebuah jaringan pusat yang disebut stasiun utama dan node yang terhubung, disebut Stasiun sekunder.

Fitur dari topologi jaringan Star adalah bahwa setiap node terhubung langsung ke server pusat, aliran data mengalir dari node kemudian ke server pusat dan kemudian diteruskan ke node yang dituju. Jika ada kerusakan pada salah satu node, seluruh jaringan akan tetap baik.

Topologi Jaringan Star juga dapat dirakit dengan kabel yang lebih rendah karena hanya melayani satu lalu lintas, yaitu menuju pusat server. Seringkali, jenis kabel yang digunakan adalah UPT dengan konektor RJ 45.

Cara kerja topologi jaringan Star adalah dengan mendesain beberapa jaringan komputer untuk terhubung dengan pusat yang disebut hub atau switch. Kemudian, Jaringan yang berada di tengah akan menjadi semacam server pusat.

Switch, sebagai salah satu perangkat di server pusat akan menyimpan semua aliran data dari node sebagai CAM (Content addressable Memory) Daftar pada memori yang tersedia. CAM berfungsi untuk menyimpan semua alamat perangkat yang terhubung ke switch ( Baca: pengertian Switch)

Berikut adalah kelebihan dari sistem topologi jaringan Star.
  1. Mudah dirancang.
  2. Ini memiliki fleksibilitas yang tinggi karena proses penambahan atau pengurangan jaringan komputer tidak akan mengganggu arus informasi.
  3. Lebih mudah untuk menemukan sumber masalah jika ada gangguan pada salah satu node.
  4. Sedangkan, di sini adalah kekurangan sistem topologi jaringan bintang.

Perangkat sentral adalah penentu utama dari keseluruhan kontinuitas sistem. Dengan demikian, kerusakan jaringan pusat akan menyebabkan seluruh sistem komunikasi menjadi terhambat.

Biaya membangun jenis jaringan instalasi ini cukup tinggi karena membutuhkan banyak kabel. Setiap satu jaringan komputer terhubung langsung ke server pusat dan membutuhkan server berkinerja tinggi.

3. topologi pohon
Topologi Jaringan berbentuk pohon topologi adalah bentuk komposit dari sistem topologi bus dan bintang, di mana jaringan topologi bus menjadi konektor utama beberapa topologi bintang. Jika mirip dengan bentuk seperti pohon, topologi bus adalah batang utama yang menghubungkan beberapa topologi bintang sebagai rantai.

Topologi Tree cocok digunakan untuk membangun jaringan yang terdiri dari beberapa komputer. Karena bentuk jaringan yang mirip dengan pohon, jenis topologi jaringan ini juga dapat disebut topologi bertingkat.

Karakteristik topologi pohon jaringan adalah memiliki kabel primer sebagai penghubung beberapa hub di jaringan bintang, memiliki tingkat atau kelas jaringan komputer kelas jaringan komputer kelas jaringan komputer kelas jaringan komputer hirarki, komunikasi dalam jaringan dilakukan melalui hub, dan memiliki hub sebagai server pusat dari regulator aliran informasi.

Berikut adalah kelebihan dari topologi pohon jaringan.
  1. Menurut kebutuhan jaringan komputer dalam skala besar.
  2. Pengembangan jaringan dapat dilakukan dengan mudah.
  3. Jika salah satu stasiun sekunder memiliki kerusakan, itu tidak akan mengganggu seluruh sistem.
  4. Arus informasi data dilakukan dalam titik ke titik.

Berikut adalah kekurangan topologi pohon jaringan.
  1. Seluruh jaringan akan tergantung pada kabel penghubung utama.
  2. Peran Hub cukup penting sehingga jika ada kerusakan, itu akan menyebabkan dampak besar pada sistem topologi.
  3. Sistem hirarki menciptakan jaringan yang berada dalam hirarki yang lebih rendah akan terpengaruh oleh sistem korupsi yang berada di atasnya.
  4. Pemeliharaan jaringan cukup sulit dilakukan.
  5. Biaya yang diperlukan untuk membangun topologi model ini cukup mahal.
  6. Instalasi topologi pohon cukup sulit untuk dilakukan.
  7. Hal ini paling mungkin untuk memiliki tabrakan pada kabel utama.

4. topologi mesh
Topologi jaringan mesh adalah sistem topologi dimana koneksi antara komputer terhubung secara langsung satu sama lain. Hubungan antara komputer langsung seperti ini disebut link khusus.

Secara umum, jenis topologi jaringan dialokasikan untuk sistem topologi yang memiliki perangkat komputer kecil. Jaringan topologi mesh dapat meningkatkan kecepatan proses transfer data karena langsung dikirim ke komputer yang dituju tanpa perantara.

Topologi mesh fitur yang paling terlihat menggunakan beberapa kabel karena koneksi langsung terhubung antara komputer. Selain itu, topologi mesh biasanya memiliki lebih dari dua Port I/O, dan memiliki konfigurasi yang berbeda pada setiap node.
Cara kerja topologi mesh sangat sederhana karena data dikirim langsung ke node yang dituju. Kabel yang saling berhubungan antara komputer membuat data mengalir dengan cepat.

Berikut ini adalah kelebihan dari topologi mesh.
  1. Dengan tautan khusus, data yang ditransfer mengalir lebih cepat ke komputer yang dituju.
  2. Kerusakan pada satu komponen tidak akan mempengaruhi komponen jaringan lainnya.
  3. Keamanan data terjamin dibandingkan dengan jenis topologi lainnya.
  4. Mudah mengidentifikasi sumber kerusakan dalam kasus gangguan.

Berikut adalah kurangnya sistem topologi mesh:
  1. Gunakan banyak kabel dan Port I/O.
  2. Proses instalasi jaringan sulit untuk membangun.
  3. Biaya yang diperlukan lebih tinggi.


5. topologi hibrida
Topologi Jaringan tipe hibrida adalah kombinasi dari dua atau lebih jenis topologi jaringan yang berbeda. Biasanya, topologi seperti ini digunakan dalam perusahaan yang mengambil alih perusahaan lain.

Berikut ini adalah kelebihan topologi hibrida.
  1. Fleksibel dan efisien karena dapat mengintegrasikan berbagai jenis jaringan topologi tanpa harus melakukan perombakan apapun.
  2. Jenis jaringan dapat disesuaikan dengan tujuan tertentu.
  3. Kecepatan jaringan cukup stabil.

Berikut adalah kekurangan topologi hibrida.
  1. Manajemen dan biaya pemeliharaan menjadi cukup tinggi karena skema topologi gabungan cukup rumit.
  2. Instalasi Jaringan sulit untuk membangun.
  3. Jenis jaringan ini membutuhkan perangkat jaringan yang cukup besar, yaitu hub, switch, router, Access Point, LAN Card, dan Wireless Card.

0 Response to " Memahami Topologi Jaringan Komputer"

Posting Komentar