Memahami Jaringan LAN serta Kelebihan Dan Kekurangannya

Pengertian Jaringan LAN serta Kelebihan Dan Kekurangannya - Jaringan komputer adalah sekelompok perangkat komputer yang terhubung satu sama lain sehingga mereka dapat bertukar data atau berkomunikasi. Ada berbagai jenis jaringan komputer, dan LAN adalah salah satu jenis jaringan komputer yang ditinjau berdasarkan jangkauan geografis.

Jenis jaringan komputer lain yang ditinjau berdasarkan jangkauan geografisnya adalah MAN dan WAN. Artikel sebelumnya membahas tentang jaringan MAN. Dan pada kesempatan ini akan dibahas tentang pengertian jaringan LAN serta kelebihan dan kekurangannya, berikut ini adalah penjelasan lengkapnya.

pengertian jaringan lan

Pengertian Jaringan LAN

LAN adalah singkatan dari Local Area Network, yang merupakan jaringan komputer skala kecil (lokal) seperti gedung kantor, sekolah atau rumah.

LAN umumnya digunakan untuk berbagi sumber daya di gedung. LAN dapat berdiri sendiri, tanpa dihubungkan oleh jaringan luar atau internet. Namun, jika LAN terhubung ke beberapa LAN lain, jaringan yang disebut Metropolitan Area Network atau jaringan MAN akan dibentuk. Baca

Untuk membangun LAN, Anda dapat menggunakan metode kabel (nirkabel), nirkabel (nirkabel) atau keduanya. LAN kabel dibangun menggunakan Ethernet dan LAN nirkabel dibangun menggunakan sinyal Wi-Fi. Sebagian besar LAN yang digunakan di rumah menggunakan router untuk membuat jaringan sambil mengelola perangkat yang terhubung dengannya.

Router bertindak sebagai pusat koneksi dan memungkinkan perangkat seperti komputer, laptop, ponsel, dan tablet untuk dihubungkan. Biasanya router dihubungkan oleh kabel atau modem untuk menyediakan akses internet ke perangkat yang terhubung.

Peralatan komputer juga dapat digunakan sebagai pusat LAN. Dalam hal ini, komputer bertindak sebagai server, dan menyediakan akses untuk berbagi file atau program pada perangkat yang terhubung. Ini sering diterapkan pada jaringan kantor atau institusi.

Kelebihan Jaringan LAN

Keuntungan-keuntungan berikut yang dimiliki oleh jaringan LAN:

1. Berbagai Sumber
Dengan menggunakan jaringan LAN Anda dapat dengan mudah berbagi sumber daya dengan komputer lain. Ini tentu sangat efisien, selain berbagi sumber daya Anda juga dapat menghemat pengeluaran Anda. Karena Anda tidak perlu lagi membeli perangkat seperti scanner, printer atau media penyimpanan untuk setiap komputer, Anda cukup membeli satu dan kemudian membagikannya untuk diakses di komputer lain.

Selain berbagi perangkat, Anda juga dapat berbagi aplikasi perangkat lunak dengan perangkat lain, ini sangat efektif untuk memfasilitasi produktivitas waktu. Namun demikian, berbagi aplikasi perangkat lunak juga tidak selalu lebih murah daripada menginstal perangkat lunak satu per satu di komputer. Karena lisensi produk untuk setiap perangkat lunak masih diperlukan selama instalasi.

2. Data Terpusat
Dengan menggunakan file server, data pada semua komputer yang terhubung ke jaringan LAN disimpan di satu tempat, yaitu server. Ini memudahkan pengguna untuk mengakses file yang dimiliki oleh komputer lain. Selain itu, ini juga membantu untuk membuat cadangan data pengguna jika misalnya terjadi kesalahan, menyebabkan data dihapus di komputer pengguna.

Jika data dibagikan di jaringan, pengguna yang memiliki akses dapat melihat data pada saat yang sama, tetapi mereka tidak dapat mengedit catatan yang sama pada saat yang sama.

Ketika rekaman diedit oleh pengguna, rekaman akan dikunci sehingga pengguna lain tidak dapat mengeditnya pada saat yang sama, jika pengguna telah selesai mengedit dan menyimpan hasilnya maka rekaman akan dibuka kembali. Ini bertujuan untuk menghindari kesalahan yang dapat terjadi jika beberapa orang mencoba mengedit pada saat yang sama.

Kekurangan jaringan LAN

Kekurangan yang dimiliki oleh jaringan LAN, yaitu:

1. Keamanan Rentan
Pada keamanan jaringan komputer sangat vital, demikian juga pada jaringan LAN. Admin jaringan memainkan peran penting dalam mencegah pengguna yang tidak sah mengakses data di jaringan.

Faktor lain yang mempengaruhi keamanan jaringan LAN adalah pengguna itu sendiri. Karena itu tidak mengesampingkan kemungkinan bahwa pengguna yang Anda miliki tidak dapat menyimpan rahasia kata sandi yang dimilikinya, atau mungkin kata sandi yang ia miliki terlalu mudah ditebak, sehingga menyebabkan pengguna yang tidak sah masuk ke jaringan melalui pengguna tersebut.

2. Masalah dengan server pusat
Masalah pada server pusat dapat berakibat fatal pada jaringan LAN, hal itu dapat mempengaruhi seluruh jaringan komputer untuk dapat menyebabkan komputer tidak dapat berkomunikasi dengan komputer lain.

Infeksi virus adalah contoh masalah yang dapat terjadi pada server pusat. Infeksi virus ini dapat terjadi pada satu komputer dan kemudian menyebar ke seluruh komputer melalui server pusat, ini karena semua data pada pengguna terpusat pada server.

3. Instalasi mahal
Instalasi jaringan LAN bisa mahal tergantung pada bagaimana kebutuhan dan kondisi di lapangan, jenis topologi yang akan Anda gunakan juga mempengaruhi biaya yang Anda keluarkan. Untuk jaringan LAN tipe kabel, Anda harus terlebih dahulu membuat jalur kabel dengan membuat lubang di dinding atau meletakkannya di bawah lantai, lalu pasang kabel.

Untuk jaringan LAN nirkabel Anda tidak perlu menggunakan kabel, tetapi area jangkauan nirkabel terbatas, oleh karena itu kami membutuhkan perangkat untuk memperkuat sinyal yang tentunya akan meningkatkan biaya pengeluaran.

Itulah beberapa penjelasan tentang pemahaman jaringan LAN serta kelebihan dan kekurangannya. Bagi Anda yang masih belum mengerti cara melakukan pengaturan pada jaringan LAN, Anda dapat menggunakan jaringan ad hoc.

Dengan jaringan ad hoc, perangkat Anda dapat berkomunikasi satu sama lain tanpa menggunakan perangkat seperti titik akses. Anda juga tidak perlu mengkonfigurasi jaringan, karena jaringan ad hoc dapat melakukan konfigurasi sendiri.

0 Response to "Memahami Jaringan LAN serta Kelebihan Dan Kekurangannya"

Posting Komentar