Apa Itu Repeater dan Fungsinya

Pengertian Repeater dan Fungsinya - Repeater adalah salah satu alat yang berguna di jaringan komputer. Jaringan komputer cukup kompleks untuk dipahami oleh orang awam. Alih-alih berbagi perangkat yang ada di jaringan, fungsi dan cara kerja jaringan, pada dasarnya cukup rumit untuk dipelajari. 

Meskipun cukup rumit, tetapi kali ini, kami akan mencoba membagikan sedikit informasi tentang salah satu alat jaringan yang disebut repeater.

Pengertian Repeater dan Fungsinya

pengertian repeater

Apa itu repeater? Banyak orang bertanya tentang repeater bersama dengan kegunaan repeater. Repeater pada dasarnya berasal dari bahasa Inggris 'repeat' yang artinya repeateran. Jika ditafsirkan dari suku kata, repeater dapat diartikan sebagai repeater, atau jika disempurnakan dalam bahasa, maka repeater adalah alat yang berguna untuk mengulang dan mengirimkan kembali sinyal ke area di sekitar perangkat ini.

Jika diperiksa dalam bahasa teknis, gagasan repeater adalah alat yang berguna untuk memperkuat sinyal. Dengan alat ini, sinyal lemah dapat ditingkatkan jangkauannya sehingga dapat digunakan untuk area jangkauan yang lebih luas.

Fungsi repeater


Memperluas jangkauan sinyal server
Fungsi pertama dari alat ini adalah untuk memperluas cakupan anak. Jika sinyal lemah, daya jangkauan akan lebih sempit, sedangkan ketika sinyal kuat daya jangkauan akan lebih lebar.

Meliputi berbagai area dengan sinyal minimal dari server


Dengan menggunakan repeater, area dengan sinyal minimal bisa lebih mudah mendapatkan sinyal. Ini karena, sinyal lemah dibuat lebih kuat oleh alat ini.

Akses mudah ke sinyal WiFi
Dengan sinyal yang lebih kuat, tentunya pengguna perangkat yang membutuhkan sinyal dapat lebih mudah mengakses sinyal. Salah satu aplikasi alat ini adalah sinyal WiFi.

Maju dan maksimalkan sinyal
Fungsi keempat adalah untuk melanjutkan dan memaksimalkan sinyal. Dalam fungsi ini, repeater bekerja dengan menangkap, mengelola, memperbesar, dan meneruskan sinyal ke berbagai perangkat jaringan yang ada di sekitar perangkat ini.

Sederhanakan proses pengiriman dan penerimaan data
Dengan sinyal yang lebih kuat proses pengiriman dan penerimaan data antara pengguna perangkat jaringan atau melalui jaringan dapat  kelas jaringan komputer kelas jaringan komputer kelas jaringan komputer kelas jaringan komputer dilakukan lebih cepat. Ini dapat disamakan dengan ketika mobil mengemudi di jalan raya (saat menggunakan repeater).

Minimalkan penggunaan kabel jaringan
Sistem kerja repeater adalah melalui sinyal nirkabel. Dengan menggunakan alat ini, penggunaan kabel yang rumit dan kacau bisa dihindari.

Demikianlah tulisan tentang makna fungsi repeater dan repeater yang dapat kami bagikan untuk Anda. Semoga dengan membaca artikel singkat ini, Anda dapat lebih memahami tentang repeater dan fungsinya.

0 Response to "Apa Itu Repeater dan Fungsinya"

Posting Komentar