Apa itu MAC Address Dan Fungsinya

Pengertian MAC Address Dan Fungsinya - Mengutip dari halaman Wikipedia, alamat MAC atau biasa disebut sebagai alamat fisik adalah singkatan dari alamat kontrol akses media. Untuk penjelasan, MAC Address itu sendiri adalah pengidentifikasi unik yang dimiliki oleh semua antarmuka jaringan Apakah itu NIC (Network interface Controller) atau WNIC (wireless network interface Controller).



MAC Address dikeluarkan oleh produsen dengan mengikuti standar IEEE (Institut listrik dan elektronik insinyur) dan digunakan sebagai alamat jaringan untuk hampir semua teknologi jaringan IEEE 802, termasuk WiFi dan jaringan Ethernet.

MAC Address dimiliki oleh perangkat yang sering Anda temui dalam kehidupan sehari-hari seperti komputer, laptop, dan juga perangkat seluler termasuk #android. Dalam penggunaannya, MAC Address sering digunakan untuk menyediakan atau memblokir koneksi yang diberikan ke perangkat. Dengan mengetahui alamat MAC dari perangkat Apakah itu adalah perangkat komputer atau perangkat mobile, maka admin dapat menentukan apakah akan memblokir perangkat atau tidak.

Alamat MAC dimiliki oleh per perangkat dan bukan per perangkat. Dalam satu perangkat laptop misalnya ada alamat MAC untuk perangkat yang berhubungan langsung dengan jaringan, misalnya Bluetooth, kartu LAN dan nirkabel. Baca Pengertian LAN Card dan Fungsinya

Nah, dalam artikel ini saya akan berbagi tentang bagaimana untuk mengetahui MAC Address pada perangkat mobile Android dan perangkat komputer atau laptop. 

Untuk lebih jelasnya, silakan ikuti panduan di bawah ini: 

Cari tahu alamat MAC di Android

1. untuk Android, saya akan menggunakan Android Jelly Bean sebagai contoh. Silakan buka pengaturan atau pengaturan.

2. kemudian, buka Wi-Fi maka Anda akan dihadapkan dengan daftar jaringan WiFi yang terhubung dan terletak paling dekat dengan perangkat Anda.

3. Klik pada menu yang terletak di sudut kanan atas, maka Anda akan dihadapkan dengan beberapa pilihan. Silakan klik pada Advanced.

4. dalam menu bernama Advanced Wi-Fi, Anda dapat menemukan Mac Address di sana.

Cari tahu alamat MAC di komputer/PC/laptop
Secara khusus, apa yang akan saya gunakan sebagai contoh adalah sebuah laptop dengan sistem operasi Windows 8,1. Untuk versi lain dari OS kelas jaringan komputer kelas jaringan komputer kelas jaringan komputer kelas jaringan komputer kelas jaringan komputer kelas jaringan komputer Windows dapat menyesuaikan karena cara yang kurang lebih sama. Untuk keterangan lebih lanjut, silakan ikuti langkah di bawah:

1. silahkan tekan tombol Windows + R kemudian ketik CDM, kemudian masukkan kemudian jendela CMD akan terbuka.


2. ketik perintah ipconfig/All di CMD kemudian tekan ENTER.

3. semua informasi tentang jaringan yang Anda gunakan akan muncul dan Anda hanya mencari baris alamat fisik. Sebagai contoh di bawah ini adalah alamat MAC/alamat fisik adaptor nirkabel dari perangkat laptop saya:

Setelah mengetahui MAC Address perangkat Android dan komputer, untuk selanjutnya Anda dapat memasukkan alamat MAC ke dalam daftar perangkat yang mendapatkan akses internet jika Anda beroperasi untuk membatasi koneksi #internetA sehingga tidak akan disusun oleh orang lain. Untuk artikel kali ini, melihat Anda dalam artikel berikutnya dan terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca.

0 Response to "Apa itu MAC Address Dan Fungsinya"

Posting Komentar