Memahami Topologi Ring Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Pengertian Topologi Ring Serta Kelebihan dan Kekurangannya - Apa yang dimaksud dengan topologi ring? Rasa topologi ring atau topologi ring adalah suatu aturan, skema, konsep atau cara yang digunakan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lain dimana rangking tersebut membentuk titik yang setiap titik terhubung dengan dua titik lain dalam satu jaringan.

Masing-masing poin ini berfungsi sebagai repeater yang dapat memperkuat sinyal sepanjang sirkulasi. Ini berarti bahwa setiap perangkat bekerja sama untuk mendapatkan sinyal dari perangkat sebelumnya, dan kemudian meneruskan sinyal ke perangkat sesudahnya.

Dalam proses untuk menerima dan meneruskan sinyal dibantu oleh token di mana token berisi informasi data dari komputer sumber.

Artikel terkait: definisi topologi jaringan komputer

Fitur topologi ring pada jaringan komputer


Topologi ini sering digunakan di banyak perusahaan. Topologi cincin ini dicirikan dapat dilihat di mana token akan melewati titik atau node kemudian memberitahu Apakah informasi dari sumber yang digunakan pada titik yang akan dilewati, maka jika ya Token akan memberikan data dari sumber dan Re-Run.

Namun, jika tidak maka token hanya melewati titik dengan membawa informasi. Kemampuan sinyal untuk membawa data selama perjalanan sangat menentukan keberhasilan data ke komputer yang membutuhkan.

Dilihat dari segi topologi ring di atas, maka dalam aplikasinya pada jaringan informasi perusahaan memiliki fitur dan karakteristik berikut:

Setiap komputer atau perangkat secara langsung terhubung satu sama lain dalam satu jaringan.
Dalam proses pengiriman data pada suatu waktu hanya dapat dilakukan oleh satu titik dengan proses pengiriman satu jalur.

Dalam aplikasinya menggunakan jenis kabel UTP atau kabel patch dan setiap titik dihubungkan secara seri pada kabel dengan membentuk sebuah jaringan yang menyerupai lingkaran.
Setiap paket data atau informasi dapat mengalir melalui kanan atau kiri titik sehingga dapat menghindari tabrakan.

Satu titik kerusakan dapat mengakibatkan kerusakan poin lain yang terhubung dalam satu jaringan.

Bagaimana topologi ring bekerja

Seperti telah dijelaskan dalam arti topologi cincin di atas, cara kerja topologi jaringan ini adalah bahwa setiap node berfungsi sebagai repeater atau penguat sinyal untuk node lain, baik sebelum atau sesudah.

Dengan begitu, semua perangkat komputer akan dapat bekerja sama untuk mendapatkan sinyal dari komputer sebelumnya dan diteruskan ke node sesudahnya. Dalam proses ini, sebuah alat disebut token sebagai alat receiver dan penerusan sinyal data.

Pada token itu sendiri ada data yang bersumber dari komputer sebelumnya, maka Token akan meneruskan data itu ke node berikutnya. Data akan diterima oleh node berikutnya jika diperlukan. Namun, jika data tidak diperlukan maka data akan diteruskan ke node berikutnya.

Aliran data akan berjalan terus menerus hingga mencapai tujuan akhirnya. Berikut menjelaskan bagaimana topologi ring bekerja berdasarkan urutan:

  1. Setiap komputer tersambung ke komputer berikutnya
  2. Setiap komputer retransmisi setiap kali pesan/token dimasukkan dari komputer sebelumnya, dan kemudian ke depan ke komputer berikutnya
  3. Pesan token/Short berjalan satu arah sepanjang Ring/Ring dan pengiriman bergantian
  4. Hanya komputer yang memiliki token/pesan dapat mengirim pesan ke komputer tujuan
  5. Token/pesan diubah dengan menambahkan alamat dan data dan kemudian mengirimkannya sepanjang cincin


Kelebihan dan Kekurangan Topologi Ring
Setelah memahami rasa topologi cincin dan cara kerjanya, tentu saja kita juga perlu tahu apa keuntungan dari topologi ini. kelas jaringan komputer kelas jaringan komputer kelas jaringan komputer kelas jaringan komputer kelas jaringan komputer kelas jaringan komputerSemua jenis topologi jaringan komputer memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, serta topologi ring.

Berikut adalah beberapa keuntungan dan kerugian dari topologi ring:

Kelebihan Topologi Ring
  1. Mudah untuk mendesain dan mengimplementasikan
  2. Biaya instalasi topologi ring cenderung lebih murah

  3. Dibandingkan dengan topologi lain seperti topologi bus, topologi ring memiliki kinerja koneksi yang lebih baik bahkan dengan aliran data yang berat sekalipun.
  4. Topologi ring juga menilai kabel yang lebih efisien.
  5. Sangat mudah untuk menginstal ulang atau mengkonfigurasi ulang perangkat.
  6. Memudahkan untuk melacak dan mengisolasi kesalahan jaringan dengan konfigurasi titik ke titik.
  7. Hindari tabrakan data selama proses tabrakan karena hanya satu node yang dapat dikirim pada satu waktu.


Kekurangan topologi ring
  1. Jika terjadi kesalahan dalam satu node atau titik dapat mengakibatkan kesalahan di seluruh jaringan. Biasanya perusahaan yang menerapkan topologi ini menggunakan cincin ganda atau cincin ganda untuk mengantisipasi masalah.
  2. Jika Anda ingin mengembangkan jaringan, maka prosesnya terasa kaku. Hal ini karena penghapusan, penambahan dan pengubahan dari perangkat mempengaruhi semua jaringan.
  3. Kinerja komunikasi di jaringan topologi ring sangat bergantung pada jumlah titik atau node yang terkandung dalam jaringan. Semakin banyak poin pasti akan semakin lama proses pengiriman data.

  4. Ini memiliki konfigurasi lebih sulit daripada topologi bintang dan membutuhkan penanganan khusus dan manajemen Bandles.

Contoh topologi ring pada jaringan komputer

Cincin topologi bentuk atau topologi cincin adalah seperti cincin di mana setiap komputer dalam jaringan dihubungkan oleh kabel untuk membentuk lingkaran. Berikut adalah ilustrasi dari contoh topologi ring:

Contoh topologi ring
Dari gambar di atas kita dapat menyimpulkan bahwa aliran data dalam topologi ring harus melewati node dan menggunakan token untuk transmisi data.

Baca juga: definisi folder

Kesimpulan

Sesuai dengan pengertian topologi cincin di atas, tujuan dari topologi ini terutama untuk membentuk aliran komunikasi yang efektif dalam jaringan komputer. Meskipun topologi ini memiliki beberapa kelemahan, tetapi lebih sering digunakan daripada topologi lain pada jaringan komputer perusahaan.

Ini adalah penjelasan singkat tentang topologi ring, fitur/karakteristik topologi ring, cara kerjanya, serta keuntungan dan kerugian dari topologi ring. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Memahami Topologi Ring Serta Kelebihan dan Kekurangannya"

Posting Komentar