Memahami Hard Drive Dan Fungsinya Lengkap Dengan Jenisnya

Pengertian Hard Drive Dan Fungsinya Lengkap Dengan Jenisnya : Ini juga disebut HDD, "disk drive," ( hard drive) atau harddisk adalah non-volatile. The  hard disk drive adalah unit penyimpanan utama dari komputer. Di sinilah data Anda, program dan sistem Windows yang digunakan untuk membuat komputer Anda secara fisik disimpan dalam bentuk digital (string yang terdiri dari 0s dan 1s). 

Ada kapasitas harddisk dinyatakan dalam gigabytes (GB). Semakin banyak  hard disk drive akan memiliki kapasitas besar, semakin banyak Anda dapat menginstal program atau menyimpan dokumen di komputer Anda.

Pengertian Hard Drive Dan Fungsinya Lengkap Dengan Jenisnya


Jenis Hard Disk Komputer

Saat ini ada dua cakram standar: ATA-IDE dan SATA . Standar ATA-IDE, meskipun masih tersebar luas, ditakdirkan untuk menghilang demi SATA. Hard drive SATA memang lebih cepat dan memiliki kapasitas penyimpanan yang jauh lebih besar.

Perbedaan Antara Hard Disk Internal & Eksternal

Hard Drive Internal dan Hard Disk Eksternal berbagi fitur serupa.

• Perbedaan utama adalah bahwa hard drive internal dipasang di dalam ke komputer desktop Anda atau Hard Disk Eksternal terhubung melalui USB 2.0.
• Hard drive internal menyimpan semua data, sedangkan hard disk eksternal adalah untuk melindungi data Anda jika terjadi korupsi.
• Hard drive internal jauh lebih cepat daripada Hard Disk Eksternal. Drive internal terhubung bus teknologi canggih.
kelas jaringan komputer kelas jaringan komputer kelas jaringan komputer kelas jaringan komputer kelas jaringan komputer

Deskripsi Fisik Drive Hard Disk

Harddisk terdiri dari tumpukan piringan disk yang terbuat dari paduan aluminium dari kaca yang dilapisi dengan bahan magnetik; sebenarnya, sebagian besar hard disk memiliki dua hingga delapan piring. Setiap sisi dari setiap platter memiliki head baca / tulis yang mengapung di atas permukaan disk yang berputar cepat dan mengambil (membaca) data yang disimpan secara magnetis, atau merekam (menulis) data ke dalam disk. Seperti halnya tape recorder, kecuali di hard disk, kepalanya tidak menyentuh permukaan disk. Sebaliknya, kepala baca / tulis mengapung di atas bantalan udara yang sangat tipis, kira-kira setinggi sidik jari. Benarkah. Itu sebabnya penting untuk tidak mendorong hard disk Anda atau menendangnya saat sedang melakukan tugasnya. 

Hard Disk Drive


Permukaan disk dibagi menjadi trek dan sektor imajiner. Trek adalah lingkaran konsentris tempat data disimpan. Jejak ini diberi nomor dari cincin terluar ke cincin terdalam, mulai dari nol. Sektor disk merujuk pada jumlah area ukuran tetap yang dapat diakses oleh salah satu kepala baca / tulis drive disk, dalam satu rotasi disk, tanpa kepala harus mengubah posisinya. Perpotongan trek dan sektor disk dikenal sebagai trek sektor. 

Setiap sektor diberi alamat disk secara unik sebelum disk drive dapat mengakses sepotong data. Agar disk dapat digunakan, pertama-tama harus diformat untuk membuat trek dan sektor. Sektor trek dikelompokkan ke dalam koleksi yang dikenal sebagai cluster. Ini mengacu pada unit alokasi dasar untuk penyimpanan pada disk.

Pada hard disk Anda akan menyimpan sistem operasi , dan salinan semua aplikasi perangkat lunak yang Anda gunakan, seperti pengolah kata dan program spreadsheet Anda, plus salinan semua dokumen atau file yang Anda buat. Hard drive kadang-kadang disebut sebagai "drive C" karena fakta bahwa Microsoft Windows menunjuk huruf drive "C" ke partisi utama pada hard drive primer di komputer secara default. Sementara ini bukan istilah yang secara teknis benar untuk digunakan, itu masih umum. Misalnya, beberapa komputer memiliki beberapa huruf drive (yaitu C, D, E) yang mewakili area di satu atau lebih hard drive.

Beberapa komputer tidak benar-benar membutuhkan hard disk untuk menyimpan hal-hal yang mereka gunakan sebagai floppy disk. Tetapi hard disk drive jauh, jauh lebih cepat daripada floppy disk drive, dan menyimpan lebih banyak informasi . Dan ketika program perangkat lunak dan sistem operasi menjadi lebih canggih, mereka juga mengambil lebih banyak ruang disk-begitu banyak ruang disk sehingga banyak program dan sistem bahkan tidak bisa muat di floppy disk. Saat ini, hampir setiap komputer memiliki hard disk. 

0 Response to "Memahami Hard Drive Dan Fungsinya Lengkap Dengan Jenisnya"

Posting Komentar