Memahami Perangkat Keras Komputer Yang Harus Anda Ketahui

Pengalaman komputasi Anda terdiri dari interaksi dengan perangkat keras dan perangkat lunak. Perangkat keras adalah semua peralatan komputer berwujud, seperti monitor, unit pemrosesan pusat, keyboard, dan mouse. Bagian utama komputer adalah unit sistem . Kasing unit sistem menampung sejumlah komponen penting.

Pengertian Perangkat Keras Komputer Yang Harus Anda Ketahui

Pengertian Perangkat Keras Komputer Yang Harus Anda Ketahui

Central processing unit
(CPU) bertanggung jawab untuk memproses sebagian besar data komputer, mengubah input menjadi output.

Seperti yang Anda bayangkan, kecepatan dan kinerja CPU adalah salah satu faktor terbesar yang menentukan seberapa baik komputer bekerja. CPU adalah wafer silikon tipis yang sangat kecil yang terbungkus dalam chip keramik dan kemudian dipasang pada papan sirkuit.

Kecepatan CPU diukur dalam gigahertz (GHz). Semakin tinggi pengukuran ini, semakin cepat CPU dapat beroperasi. Hertz adalah siklus per detik; a gigahertz adalah 1 miliar siklus per detik. Kecepatan CPU bukan satu-satunya ukuran kinerjanya; CPU yang berbeda memiliki teknologi yang meningkatkan efisiensi yang dapat meningkatkan throughput data dalam beberapa cara.

Perbandingan yang lebih adil antara dua CPU yang berbeda adalah jumlah instruksi per detik yang dapat mereka lakukan.

RAM
Satu jenis memori, yang disebut Random Access Memory (RAM), membentuk kumpulan pusat memori yang digunakan komputer untuk beroperasi. Semakin banyak RAM yang dimiliki komputer, semakin banyak aplikasi yang dapat dibuka sekaligus tanpa kinerja komputer mulai macet. Semakin banyak RAM juga dapat membuat beberapa aplikasi bekerja lebih baik secara umum.

Kapasitas memori diukur dalam gigabytes (GB), yang merupakan satu miliar byte. Sebagian besar komputer dasar memiliki setidaknya 4GB saat ini, dengan sistem akhir yang lebih tinggi memiliki 16GB atau lebih. Seperti halnya CPU, memori terdiri dari wafer silikon kecil dan tipis, terbungkus chip keramik dan dipasang pada papan sirkuit. Papan sirkuit yang menyimpan memori disebut DIMM, yang merupakan singkatan dari dual inline memory module .

Hard Drive
Ketika komputer dimatikan, apa pun yang ada di hard drive tetap ada, sehingga Anda tidak perlu memuat ulang perangkat lunak setiap kali Anda menyalakan komputer. Sistem operasi dan aplikasi Anda memuat dari hard drive ke dalam memori, di mana mereka berjalan.

Kapasitas hard-drive juga diukur dalam gigabytes (GB), seperti memori. Hard drive biasa mungkin 500 GB atau bahkan 1 terabyte (1.000 GB) atau lebih. Sebagian besar hard drive yang dijual saat ini adalah tipe mekanis tradisional yang menggunakan pelat  kelas jaringan komputer kelas jaringan komputer kelas jaringan komputer kelas jaringan komputer kelas jaringan komputer kelas jaringan komputer logam untuk menyimpan data dengan polaritas magnetik, tetapi tipe yang lebih baru, yang disebut hard state solid drive (SSHD), menggunakan tipe memori, menghasilkan memori yang cepat, tenang, dan alternatif penyimpanan yang andal (tapi mahal).


Selain komponen dalam unit sistem, komputer dapat dilengkapi dengan satu atau beberapa perangkat input.

Perangkat input termasuk keyboard, mouse, trackball, dan touchpads.


Monitor
Bergantung pada jenis komputer, layar display mungkin built-in, atau mungkin unit terpisah yang disebut monitor dengan kabel listriknya sendiri, seperti yang ditunjukkan. Beberapa tampilan adalah layar sentuh , sehingga Anda dapat menggunakan jari Anda di layar untuk memberikan input ke komputer.

Kualitas tampilan diukur dalam resolusi - yaitu, jumlah piksel (titik-titik berwarna individual) yang menyusun tampilan pada resolusi tertinggi. Resolusi khas untuk PC notebook adalah 1920 x 1080, misalnya. Angka pertama adalah resolusi horizontal dan yang kedua adalah resolusi vertikal.

The rasio aspek layar adalah rasio lebar untuk puncaknya, dinyatakan dalam piksel. Tampilan dapat berupa rasio aspek standar (4: 3) atau layar lebar (16: 9). Misalnya, perangkat kecil mungkin memiliki resolusi maksimum 800 x 600; jika Anda menyederhanakannya menjadi sebagian kecil, hasilnya menjadi 4/3.

Drive Optik
Sebagian besar komputer desktop dan notebook dilengkapi dengan drive optik, yang merupakan drive yang akan membaca CD, DVD, dan / atau disk Blu-ray.
Drive optis mendapatkan namanya dari cara data ditulis dan dibaca pada disk. Lampu laser bersinar di permukaan, dan sensor mengukur seberapa banyak cahaya yang dipantulkan kembali dari titik tertentu.

Beberapa komputer laptop datang tanpa kemampuan DVD karena Anda dapat mengunduh dan menginstal perangkat lunak atau memutar video dan musik dari cloud (yaitu, melalui Internet), sehingga dimungkinkan untuk bergaul dengan baik tanpa kemampuan untuk memutar DVD. Namun, sebagian besar komputer desktop masih dilengkapi dengan drive DVD.

Komputer apa pun yang Anda miliki, Anda mungkin ingin menggunakannya untuk terhubung ke Internet. Itu berarti Anda ingin memiliki adaptor jaringan di dalamnya.
Kemampuan itu dapat dimasukkan ke dalam komputer, atau dapat ditambahkan ke komputer melalui papan ekspansi atau perangkat yang dihubungkan ke port.

Konektivitas internet dapat berupa kabel atau nirkabel. Koneksi berkabel mengharuskan Anda menghubungkan kabel dari komputer ke perangkat yang memasok koneksi Internet Anda (seperti modem kabel). Jenis kabel dan koneksi itu dikenal sebagai Ethernet .


Koneksi nirkabel memungkinkan komputer untuk berkomunikasi dengan perangkat koneksi Internet melalui gelombang radio. Jenis koneksi nirkabel yang digunakan untuk konektivitas Internet disebut Wi-Fi , atau Ethernet nirkabel.

Jika layanan Internet berkecepatan tinggi tidak tersedia di wilayah Anda, Anda mungkin perlu menggunakan modem dial-up untuk terhubung menggunakan saluran telepon rumah Anda. Modem dial-up bukanlah pilihan utama siapa pun - mereka sudah tua, teknologi lambat dan mereka mengikat saluran telepon Anda.

0 Response to "Memahami Perangkat Keras Komputer Yang Harus Anda Ketahui"

Posting Komentar