Apa Saja Macam Perangkat Keras Jaringan Komputer

Macam-macam Perangkat Keras Jaringan Komputer - Perangkat keras jaringan adalah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan lebih dari dua komputer untuk berkomunikasi satu sama lain dalam suatu jaringan. Dalam membuat jaringan kita membutuhkan beberapa perangkat yang menjalankan tugasnya masing-masing. Kali ini penulis akan membahas berbagai macam perangkat keras jaringan dan fungsi atau tugasnya.

Macam-macam Perangkat Keras Jaringan Komputer

Saya tidak hanya akan menjelaskan arti dan fungsi dari berbagai jenis perangkat tetapi saya juga akan melampirkan gambar dari masing-masing perangkat. Jadi teman saya tidak perlu khawatir walaupun dia belum pernah melihat bentuk fisiknya secara langsung. Berikut adalah jenis perangkat keras dan fungsi jaringan komputer:

Macam-macam Perangkat Keras Jaringan Komputer
1. ROUTER

Router adalah perangkat jaringan yang digunakan untuk menghubungkan berbagai jaringan host. Fungsi utama router adalah untuk meneruskan paket data dari satu jaringan ke jaringan lain. Misalnya kita memiliki 2 jaringan. Jaringan A menggunakan IP: 192.168.2.1 sementara jaringan B menggunakan IP 10.10.10.1, kedua jaringan menggunakan kelas ip yang berbeda. Jadi tugas router di sini adalah untuk menghubungkan jaringan A ke Jaringan B untuk berkomunikasi.

JENIS ROUTER:
Perangkat Keras Router: perangkat keras yang memiliki kemampuan untuk berbagi alamat IP, berbagi jaringan internet, membuat hotspot, dan tugas perutean lainnya. Router ini sering terlihat di sekolah, institusi atau lembaga lain. Router ini biasanya diletakkan di dinding, biasanya difungsikan sebagai titik akses untuk menyebarkan koneksi internet yang sering disebut Area Hotspot.

Baca juga: Perangkat keras yang digunakan untuk mengakses internet

Aplikasi Router: perangkat lunak yang dapat diinstal pada sistem operasi komputer, sehingga komputer dapat melakukan tugas-tugas router. Misalnya aplikasi WinGate, WinProxy, SpyGate dll.

Router PC: Router jenis ini adalah komputer yang telah dimodifikasi dan difungsikan sebagai router jaringan. Jika sama dengan menggunakan PC, apa perbedaan antara router PC dan aplikasi router? 

Perbedaan antara router PC menggunakan OS khusus yang diinstal pada komputer, sedangkan aplikasi Router menggunakan OS biasa seperti Windows yang memiliki perangkat lunak yang memiliki router yang diinstal. OS yang sering digunakan pada komputer adalah RouterOS yang dikembangkan oleh Mikrotik.


2. Switch
Switch adalah perangkat keras jaringan yang berfungsi untuk meneruskan paket data dalam satu segmen jaringan. Misalnya komputer A dengan IP 192.168.2.2/24 dan Komputer B dengan IP 192.168.2.3/24, tugas sakelar di sini sebagai perantara antara komputer A dan Komputer B karena menggunakan awalan yang sama / 24.

Cara kerja switch hanya mengirim data paket ke alamat tujuan. Misalnya, Anda ingin mengirim paket data ke PC B, maka PC lain tidak menerima paket. Berbeda dengan Hub yang akan saya jelaskan di bawah ini.


3. HUB
Pada dasarnya fungsi HUB sama dengan switch, yaitu untuk meneruskan data paket dalam satu segmen jaringan. Perbedaan antara kedua perangkat ini terletak pada cara kerjanya. Switch hanya mengirim paket ke alamat tujuan sementara HUB mengirim paket ke semua workstation yang terhubung ke port HUB. 

Misalnya komputer A ingin mengirim paket data ke komputer C. Jalur dari komputer A ke HUB kemudian HUB mengirim paket data ke komputer B, C, D, E, dll. Namun, karena paket data ditujukan ke komputer C, komputer selain C akan menolak data paket. Karena cara kerja ini, tabrakan data sering terjadi di HUB.

4. REPEATER
Repeater adalah perangkat keras jaringan yang memiliki fungsi utama untuk memperkuat sinyal dengan menerima sinyal dari kabel LAN dan kemudian mentransmisikan lagi dengan kekuatan sinyal maksimum pada kabel LAN lainnya. Dengan repeater, jarak antar kabel bisa lebih jauh.

5. MODEM
Fungsi utama modem untuk komunikasi dua arah adalah dengan mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital dan sebaliknya. kelas jaringan komputer kelas jaringan komputer kelas jaringan komputer kelas jaringan komputer kelas jaringan komputerAtau sering disebut dengan Modulation and Demodulation. Perangkat ini digunakan untuk menghubungkan komputer dengan jaringan internet yang telah disediakan oleh ISP.

6. Bridge
Bridge adalah perangkat keras jaringan yang dapat menghubungkan dua metode transmisi yang berbeda. Misalnya menghubungkan Ethernet Broadband dengan Ethernet Baseband. Selain itu, jembatan juga dapat menghubungkan jaringan yang menggunakan berbagai jenis kabel dan topologi. Bridge dapat mengetahui alamat IP pada setiap komputer yang terkait dengannya.

7. NIC (KARTU ANTARMUKA JARINGAN)
Berbagai Macam Perangkat Keras Jaringan
Perangkat ini adalah perangkat keras yang telah terintegrasi dengan komputer untuk berkomunikasi dengan komputer lain. NIC menggunakan port RJ-45 sebagai gateway pertama bagi komputer untuk berkomunikasi.

8. KABEL
Berbagai Macam Perangkat Keras Jaringan
Kabel yang dapat digunakan dalam jaringan dibagi menjadi 3 jenis, termasuk:

A. Koaksial
Kabel ini sering digunakan untuk menghubungkan antena televisi dan komunikasi jarak jauh dengan menggunakan konektor BNC (British Naval Connector). Kabel ini memiliki 4 lapisan yaitu Kawat Tembaga (inti kabel), Insulation (bungkus inti kabel), Copper Mesh (lapisan aluminium yang melindungi kabel), Outside Insulation (lapisan luar yang melindungi kabel koaksial).

Kabel koaksial dibagi menjadi 2 jenis:
Coaxial Baseband (kabel 50 ohm): digunakan untuk mengirimkan data dalam bentuk digital
Coaxila Broadband (kabel 75 ohm): digunakan untuk mengirimkan data dalam bentuk analog.

B. Twisted Pair
Jenis kabel yang menggunakan konektor RJ-45. Di dalam kabel ini ada 8 kabel berwarna kecil yang telah diputar / digulung. Kabel ini dibagi menjadi 2 jenis, antara lain:
UTP (Unshielded Twisted Pair): Jenis kabel UTP ini banyak digunakan dalam jaringan LAN skala kecil. Kabel UTP terhubung ke perangkat melalui modulator 8 pin yang sering kita sebut konektor RJ-45. Kabel ini banyak digunakan karena harganya yang murah dan mudah dipasang.

STP (Shielded Twisted Pair): Kabel STP hampir sama dengan kabel UTP, tetapi tembaga yang digunakan lebih besar dan dilapisi dengan aluminium foil untuk mencegah interferensi dari gangguan luar. Jenis kabel STP ini sering digunakan untuk instalasi jaringan IBM Token-Ring. Jika dibandingkan dengan kabel UTP, kabel ini lebih tahan lama dan tentu saja harganya lebih mahal.

C. FO (Serat Optik)
Fiber Optic adalah jenis kabel jaringan yang terbuat dari serat optik dan dapat mengirimkan data dengan sangat cepat setara dengan kecepatan cahaya. Kabel ini dibagi menjadi 2 jenis, yaitu:
Single Mode: Single mode adalah jenis kabel FO yang menggunakan satu inti serat kecil. Sistem transmisi data hanya memiliki satu indeks cahaya tanpa dipantulkan asalkan kabel ditarik.

Multi Mode: Multi mode adalah jenis kabel yang menggunakan banyak core. Transmisi data melalui serat optik dengan cahaya yang dipantulkan berkali-kali hingga tujuan akhirnya. Ukuran kabel multi-mode lebih besar dari kabel single-mode.

9. AKSES TITIK
Jalur akses adalah perangkat keras jaringan yang digunakan untuk membangun jaringan Wireless Local Area Network (WLAN). Fungsi utama titik akses adalah untuk menghubungkan jaringan lokal yang menggunakan kabel ke jaringan nirkabel. Titik akses bekerja dengan memancarkan sinyal melalui gelombang radio / gelombang elektromagnetik sehingga jangkauan jaringan lokal akan lebih jauh dan lebih mudah untuk dikembangkan.

10. KARTU NIRKABEL
Kartu nirkabel adalah perangkat jaringan yang dapat diintegrasikan dengan komputer sehingga dapat berkomunikasi dengan komputer lain menggunakan gelombang radio tanpa menggunakan kabel. Saat ini rata-rata laptop memiliki kartu nirkabel yang terpasang di dalamnya. Jadi kita tidak perlu membelinya. Berbeda dengan komputer yang belum diinstal secara nirkabel sehingga kita harus membelinya secara terpisah.

Dengan adanya perangkat keras jaringan yang telah disebutkan maka komputer dapat saling berkomunikasi dengan komputer lain.

0 Response to "Apa Saja Macam Perangkat Keras Jaringan Komputer"

Posting Komentar