Apa Saja Perangkat Keras yang Digunakan Untuk Mengakses Internet

Perangkat Keras yang Digunakan Untuk Mengakses Internet - Untuk menghubungkan komputer pribadi dengan jaringan internet, kita cukup memanfaatkan saluran telepon yang biasa disebut PSTN (Public Switched Telephone Network). PSTN adalah jaringan telepon dari perusahaan layanan telekomunikasi.

Melalui kabel telepon yang terhubung ke modem, kita dapat mengirim data dan informasi seolah-olah kita sedang memanggil seseorang. Metode ini sering disebut koneksi internet sistem Dial Up.

Hasil gambar untuk sistem dial up


Secara umum, untuk terhubung dengan internet, kita memerlukan komponen koneksi berikut.

1. Seperangkat komputer
Kita perlu menyiapkan satu set komputer yang terdiri dari monitor, sistem unit CPU, dan perangkat periferal seperti keyboard dan mouse, dan kartu jaringan (Network Interface Cards). Kartu jaringan yang sering digunakan adalah Ethernet. Kartu jaringan ini menyediakan port untuk kabel yang akan dihubungkan ke modem.

2. Modem
Modem (Modulator Demodulator). Ketika kita mengirim data atau informasi melalui internet, modem berfungsi untuk menerjemahkan data atau informasi yang semula berupa sinyal digital menjadi sinyal analog sehingga sinyal dapat dikirim melalui kabel telepon analog. Sedangkan ketika kita menerima data atau informasi dari internet, modem berfungsi untuk memisahkan data dari sinyal kabel telepon. 

Selanjutnya, modem menerjemahkan data atau informasi sinyal analog menjadi sinyal digital. Dengan mekanisme ini, modem membuat komputer kita dapat terkoneksi ke internet. Kemudian berkomunikasi dengan komputer atau jaringan lain yang terhubung ke internet.

Kecepatan modem dalam mentransfer data dan informasi diukur dalam satuan bit per detik (bit per detik = bps). Saat ini, modem yang digunakan di komputer umumnya memiliki kecepatan transfer mulai dari 56 kbps. Modem dapat dikelompokkan menjadi dua kategori, yaitu,


a. Modem internal
Modem internal adalah perangkat modem yang dipasang ke dalam satu unit dengan motherboard pada sistem unit CPU.

b. Modem Eksternal
Modem eksternal adalah perangkat modem yang terpisah dari sistem unit CPU dan terhubung ke komputer melalui kabel atau frekuensi.

3. Jaringan Telepon Switched Publik (PSTN)
PSTN adalah jaringan telepon dari perusahaan layanan telekomunikasi. Melalui kabel telepon yang menghubungkan ke modem, kita dapat mengirim data dan informasi sama seperti jika kita memanggil orang lain.

4. Penyedia Layanan Internet (ISP)
ISP adalah penyedia layanan akses internet. Untuk dapat terhubung ke internet, kita harus mendaftar sebagai pelanggan ISP, seperti Indosatnet, Indonet, Telkomnet, dan sebagainya.
Perangkat yang digunakan oleh ISP untuk menghubungkan komputer ke internet terdiri dari modem, firewall, dan router.

a. Modem yang digunakan memiliki fungsi dan proses kerja yang sama dengan modem pada umumnya.

b. Firewall adalah perangkat yang berisi sekumpulan program yang digunakan untuk memfilter virus atau mencegah akses dari orang yang belum terdaftar di ISP.

c. Router adalah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan satu jaringan ke jaringan lain. Fungsi lain dari router adalah untuk menemukan rute yang akan dilewati oleh data atau informasi yang dikirim dari satu jaringan ke jaringan lain.

Baca juga: kelas jaringan komputer kelas jaringan komputer kelas jaringan komputer kelas jaringan komputer kelas jaringan komputer

Perangkat Keras untuk Mengakses Internet dengan Sistem Jalur Sewa

Selain menggunakan metode dial up, kita dapat menghubungkan diri kita ke ISP menggunakan leased line. Pada dasarnya, hubungan antara komputer dan leased line ISP hampir sama dengan sistem dial up.

Perbedaannya terletak pada fungsi kabel telepon yang hanya digunakan khusus untuk koneksi ke ISP, sehingga kabel tidak dapat digunakan untuk keperluan telepon atau mengirim pesan melalui faks. Untuk mendapatkan layanan leased line, kita harus mendaftar dengan perusahaan telekomunikasi yang ada, seperti Telkomnet.

Perangkat keras untuk mengakses Internet dengan sistem nirkabel

Koneksi ke ISP yang menyediakan layanan akses internet dapat dilakukan melalui teknologi nirkabel. Teknologi ini diciptakan untuk mengatasi kompleksitas lalu lintas kabel yang berat atau area tertentu yang sangat sulit untuk dipasang ke kabel.

Teknologi nirkabel umumnya menggunakan gelombang radio untuk mengirimkan data dan informasi. Gelombang yang umumnya digunakan di Indonesia berada pada frekuensi 2,4 GHz dan 5,6 GHz.
Peralatan modem yang digunakan berbeda dari modem ke atas atau leased line meskipun fungsinya sama. 

Modem nirkabel bertindak sebagai perangkat keras komputer internal yang diinstal pada komputer, sementara menara pemancar ada pada halaman sebagai perangkat keras eksternal yang berfungsi untuk mengirimkan gelombang data dan informasi.

Jika perangkat keras yang disebutkan di atas tersedia, kami harus menyediakan perangkat lunak yang akan digunakan untuk mengakses internet. Perangkat lunak yang diperlukan meliputi sistem operasi dan browser.

a. Sistem operasi adalah perangkat lunak yang berfungsi untuk mengoperasikan komputer. Sistem operasi yang umumnya digunakan adalah Windows dan Linux.

b. Browser adalah aplikasi yang digunakan untuk masuk dan mengakses internet. Browser yang umum digunakan adalah Netscape Communicator, Internet Explorer (khusus untuk Windows), Opera, dan Firefox.

Perangkat Keras untuk Mengakses Internet dengan Sistem Telepon Seluler

Bagi kita yang memiliki ponsel (ponsel) dapat menggunakannya sebagai media untuk mengakses internet. Ponsel dengan Layanan Radio Paket Umum (GPRS) dan fasilitas Kartu SIM yang menyediakan layanan GPRS dapat menghubungkan komputer ke internet dengan kecepatan mulai dari 20-30 kbps.

Komputer yang digunakan harus menyediakan port data yang dapat dihubungkan ke ponsel. Port data pada komputer tentu saja harus disesuaikan dengan port data ponsel dalam bentuk kabel data, sinar infra merah, atau bluetooth.

Untuk terhubung ke internet melalui ponsel, perangkat seluler berfungsi sebagai modem. Sinyal dari ponsel kemudian akan diterima oleh perangkat Gateway yang dimiliki oleh ISP. Perangkat Gateway berfungsi untuk menjembatani sinyal pada jaringan seluler ke jaringan internet.

Koneksi ke internet dapat dilakukan di mana saja. Dengan syarat bahwa ponsel dapat digunakan untuk mengirim sinyal ke operator ponsel sebagai ISP.

Perangkat keras untuk mengakses Internet dengan sistem lain

Banyak jenis peralatan lainnya telah dikembangkan untuk menghubungkan komputer ke ISP. Peralatan termasuk nirkabel fidelity dan jaringan tv kabel.

Sebuah. Wireless Fidelity (WiFi) adalah teknologi jaringan nirkabel yang beroperasi pada frekuensi 2,4 GHz dengan kecepatan akses hingga 11 Mbps.

Sebuah. Jaringan TV kabel juga menyediakan layanan akses komputer ke internet. Penggunaan tv kabel lebih menguntungkan, karena tidak terganggu oleh penggunaan telepon. Selain itu, paket berlangganan internet melalui jaringan TV kabel termasuk siaran TV kabel.

0 Response to "Apa Saja Perangkat Keras yang Digunakan Untuk Mengakses Internet"

Posting Komentar