Memahami Jaringan PAN : Personal Area Network dan Fungsinya

Pengertian Jaringan PAN : Personal Area Network dan Fungsinya -  adalah jaringan komunikasi dari satu perangkat lain dengan perangkat lain dalam jarak yang sangat singkat, hanya dalam beberapa meter.

PAN atau Personal Area Network adalah titik akses ke berbagai perangkat pribadi seperti komputer, telepon, ponsel, sistem keamanan data televisi, dan perangkat komunikasi publik seperti internet.

Kontrol pada PAN dilakukan dengan otoritas pribadi, dan untuk teknologi yang digunakan termasuk Wireless Application Protocol (WAP) dan Bluetooth.

PAN ini terhubung melalui bus yang ada di komputer, seperti USB dan Firewire.

PAN atau Personal Area Network adalah jaringan komputer yang digunakan untuk komunikasi antar perangkat komputer. Kisaran PAN biasanya hanya beberapa meter.

PAN dapat digunakan untuk komunikasi antar perangkat pribadi itu sendiri (komunikasi intrapersonal).

Fungsi / Penggunaan Jaringan Area Pribadi

Pengertian Jaringan PAN : Personal Area Network dan Fungsinya

Menghubungkan perangkat komputer.
Sebagai media komunikasi antar perangkat itu sendiri (komunikasi pribadi).

Karakteristik Jaringan PAN

Karakteristik jaringan PAN (Personal Area Network) adalah sebagai berikut:

  1. Kontrol dilakukan dengan otoritas pribadi.
  2. Data yang dikirim adalah unik dan pribadi karena hanya digunakan untuk kepentingan pribadi.
  3. Merupakan titik akses ke berbagai perangkat pribadi seperti telepon, ponsel, komputer, laptop, televisi, sistem keamanan rumah berdasarkan komunikasi data pribadi, dan perangkat komunikasi publik seperti internet.
  4. Teknik dan protokol yang digunakan pada jaringan PAN termasuk Wireless Application Protocol (WAP), Wifi, Infra Merah, Bluetooth, dan sebagainya.
  5. Cakupan PAN biasanya hanya beberapa meter.


Contoh Menggunakan Jaringan PAN


Hubungkan HP ke Laptop menggunakan Bluetooth. Menghubungkan Mouse dengan Laptop menggunakan Bluetooth. Menghubungkan Printer dengan Laptop menggunakan Bluetooth.

Selain itu Personal Area Network (PAN) adalah jaringan komputer yang digunakan untuk komunikasi antar komputer suatu perangkat yang dekat dengan satu orang. Perangkat mungkin atau mungkin bukan milik orang itu. Kisaran PAN biasanya beberapa meter.

PAN dapat digunakan untuk komunikasi antara perangkat pribadi mereka sendiri (komunikasi intrapersonal), atau untuk terhubung ke tingkat yang lebih tinggi dan jaringan internet (tautan naik).

Jaringan area pribadi berkabel dimungkinkan dengan komputer bus seperti USB dan FireWire. Jaringan area pribadi nirkabel (WPAN) juga dapat dimungkinkan dengan teknologi jaringan seperti IrDA, Bluetooth, UWB, Z-Wave, dan Zigbee.

Teknologi

PAN Bluetooth juga disebut piconet, dan terdiri dari 8 perangkat aktif dalam hubungan badak-master (sejumlah besar perangkat dapat dihubungkan dalam mode "parkir").

Perangkat Bluetooth pertama di Piconet adalah master, dan semua perangkat yang berkomunikasi dengan master slave. Sebuah piconet biasanya memiliki jarak 10 meter, meskipun rentang hingga 100 meter dapat dicapai dalam kondisi ideal.

Inovasi-inovasi baru pada antena Bluetooth yang ada memungkinkan perangkat-perangkat ini jauh melebihi kisaran yang semula dirancang. Di DEF CON 12, sekelompok peretas yang dikenal sebagai "Flexilis" berhasil menghubungkan dua perangkat Bluetooth lebih dari setengah mil (800 m) jauhnya.
Mereka menggunakan antena dengan cakupan dan antena Yagi, semuanya dipasang untuk menyimpan senjata. Kabel antena terpasang ke kartu Bluetooth di komputer. Mereka kemudian memanggil antena "The BlueSniper."

Skinplex, teknologi PAN lainnya, mentransmisikan melalui kapasitif di dekat bidang kulit manusia. Skinplex dapat mendeteksi dan berkomunikasi hingga satu meter dari tubuh manusia. Ini telah digunakan untuk kontrol akses untuk mengunci pintu dan mobil perlindungan macet di atap mobil.

PAN nirkabel

WPAN (jaringan area pribadi nirkabel) adalah jaringan area pribadi untuk jaringan yang berpusat di sekitar masing-masing perangkat yang saling terhubung dari tempat kerja di mana ada koneksi nirkabel.

Secara umum, jaringan area pribadi nirkabel menggunakan beberapa teknologi yang memungkinkan komunikasi dalam jarak sekitar 10 meter. Dengan kata lain, jaraknya sangat dekat. Salah satu teknologi Bluetooth, yang digunakan sebagai dasar untuk standar baru, IEEE 802, 15.

WPAN dapat melayani semua interkoneksi ke komputer dan berkomunikasi secara normal pada perangkat yang memiliki banyak kelas jaringan komputer kelas jaringan komputer kelas jaringan komputer kelas jaringan komputer kelas jaringan komputer kelas jaringan komputer orang di meja mereka atau membawanya hari ini atau dapat melayani tujuan yang lebih spesifik seperti memungkinkan ahli bedah dan anggota tim lainnya untuk berkomunikasi selama operasi.

Konsep kunci dalam teknologi WPAN dikenal sebagai "deep plugging". Dalam skenario yang ideal, jika dua WPAN dilengkapi dengan perangkat yang dekat (dalam beberapa meter satu sama lain) atau dalam beberapa kilometer dari server pusat, mereka dapat berkomunikasi seolah-olah terhubung dengan kabel.

Fitur penting lainnya adalah kemampuan masing-masing untuk mengunci perangkat dari perangkat lain yang selektif, perlu untuk mencegah gangguan yang tidak sah atau akses ke informasi.

Teknologi untuk WPAN berada dalam periode pertumbuhan dan proses pengembangan yang cepat. Tujuannya adalah untuk memfasilitasi kelancaran operasi antara perangkat dan sistem rumah atau bisnis.

Setiap perangkat di WPAN akan dapat terhubung ke perangkat lain di WPAN yang sama, asalkan mereka saling berbagi secara fisik.

Selain itu, dunia akan menghubungkan WPAN. Jadi, misalnya, sebuah situs di arkeolog di Yunani mungkin menggunakan akses PDA langsung ke database di University of Minnesota di Minneapolis, dan untuk mengirim temuan ke database.

Ringkasan Jaringan PAN

Personal Area Network (PAN) adalah jaringan komputer yang digunakan untuk komunikasi antar perangkat komputer (termasuk telepon dan asisten pribadi digital) yang dekat dengan satu orang.

Perangkat mungkin atau mungkin bukan milik orang itu. Kisaran PAN biasanya beberapa meter.

PAN dapat digunakan untuk komunikasi antara perangkat pribadi mereka sendiri (komunikasi intrapersonal), atau untuk terhubung ke tingkat yang lebih tinggi dan jaringan internet (tautan naik).

Demikian artikel saya tentang mengenal jaringan komputer PAN yang mencakup pemahaman, fungsi / kegunaan, karakteristik, contoh penggunaan jaringan PAN dan juga rangkumannya. Semoga bermanfaat bagi Anda. Itu saja dan terima kasih.

0 Response to "Memahami Jaringan PAN : Personal Area Network dan Fungsinya"

Posting Komentar