Apa itu Router Dan Fungsi Serta Cara Kerjanya

Pengertian Router Dan Fungsi Serta Cara Kerjanya - Router adalah perangkat keras jaringan komputer yang dapat digunakan untuk menghubungkan beberapa jaringan yang sama atau berbeda. Router adalah perangkat untuk mengirim paket data melalui jaringan atau internet untuk sampai ke tujuannya, prosesnya disebut routing.

Pengertian Router

router

Proses perutean itu sendiri terjadi pada lapisan 3 dari tumpukan protokol tujuh-lapisan OSI. Router terkadang digunakan untuk menghubungkan 2 jaringan yang menggunakan media yang berbeda, seperti dari Ethernet ke Token Ring. Itulah arti dari router.

Fungsi Router
Fungsi router. Router memiliki fungsi utama untuk membagikan atau mendistribusikan alamat IP, baik secara statis atau DHCP atau Dynamic Host Configuration Procotol ke semua komputer yang terhubung ke router. kelas jaringan komputer kelas jaringan komputer kelas jaringan komputer kelas jaringan komputer kelas jaringan komputer Dengan alamat IP unik yang dibagi router dengan setiap komputer, setiap komputer dapat terhubung dan berkomunikasi, baik di LAN atau internet.

Pada saat ini, perangkat router lebih canggih dan modern. Untuk mendistribusikan alamat IP ke setiap komputer di jaringan, fungsi router tidak hanya dapat terhubung dengan koneksi kabel LAN, tetapi juga dengan teknologi nirkabel. 

Dengan demikian, router sekarang dapat terhubung ke setiap komputer, laptop, gadget, smartphone yang berada dalam jangkauan router. Cukup dengan memanfaatkan gelombang radio yang dipancarkan oleh router. Itu adalah fungsi router.

Bagaimana Router Bekerja
Cara kerja router. Router bekerja dengan merutekan paket atau informasi data yang disebut perutean. Dengan teknik routing ini, router dapat mengetahui arah rute informasi yang akan dituju, apakah itu pada jaringan yang sama atau berbeda. 

Jika informasi tujuan menunjuk ke jaringan yang berbeda, router akan meneruskannya ke jaringan, sebaliknya jika paket tujuan adalah jaringan yang sama, router akan memblokir paket keluar dan meneruskan paket dengan routing pada jaringan yang sama sampai dikirim ke tempat tujuan. Ilustrasi berikut menggambarkan cara kerja router.

Cara kerja router
Cara kerja router dapat dilihat pada gambar di atas. Pada gambar di atas ada dua jaringan yang terhubung ke router. Jaringan di sebelah kiri yang terhubung ke port 1 dari router memiliki alamat 192.168.1.0 dan jaringan di sebelah kanan yang terhubung ke port 2. Router memiliki alamat 192.155.2.0.

Komputer A mengirimkan data ke komputer C, router tidak akan meneruskan data ke jaringan lain.
Demikian juga jika ketika komputer F mengirim data ke komputer E, router tidak akan meneruskan paket data ke jaringan lain.

Hanya ketika komputer F mengirim data ke komputer B, router akan meneruskan paket data ke komputer B.

0 Response to "Apa itu Router Dan Fungsi Serta Cara Kerjanya"

Posting Komentar