Apa itu Hub dan Fungsi serta Cara Kerjanya

Pengertian Hub dan Fungsi serta Cara Kerjanya  - Hub atau yang lebih dikenal dengan hub jaringan adalah perangkat yang berfungsi untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lain dalam suatu sistem jaringan. Komputer yang terhubung melalui hub ini dapat saling bertukar informasi. Tetapi tidak hanya terbatas pada komputer, semua perangkat yang terkait dengan komputer dapat dihubungkan ke hub ini.



Secara umum, hub ini memiliki banyak port ethernet. Semua perangkat yang terhubung melalui port ini akan terhubung ke jaringan LAN, yang pada gilirannya dapat berkomunikasi antar perangkat untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi kinerja masing-masing perangkat.

Hub memiliki sistem kerja yang mirip dengan sakelar. Hanya saja pada switch, data yang ditransfer akan diteruskan ke port tertentu (port yang menjadi tujuan). Sementara itu di hub, data yang diterima akan dikirim ke semua perangkat yang terhubung ke port itu. Jadi dalam hal ini hub tidak memfilter atau mengalihkan ke jaringan lain.

Dengan demikian, jika ada hub dengan 8 port dan ada 5 port aktif, maka data yang masuk akan diteruskan ke 5 port aktif. Ini tentu menjamin bahwa informasi dapat dikirim dengan benar. Namun dari segi efisiensi tentu tidak baik karena akan menghabiskan bandwidth jaringan. Oleh karena itu pada umumnya orang lebih suka beralih dari hub.

Fungsi HUB

Hub memiliki fungsi yang memungkinkan perangkat yang terhubung untuk bertukar informasi. Dengan demikian komputer yang terhubung ke hub ini akan dapat bertukar data. Secara umum hub ini digunakan pada sistem jaringan LAN kecil yang memiliki kompleksitas jaringan yang tidak terlalu tinggi. Secara umum, hub itu sendiri dapat dibagi menjadi 3 jenis, yaitu 1) hub pasif, 2) hub aktif, dan 3) hub cerdas.

Hub pasif adalah hub yang memiliki kemampuan untuk menerima dan mengirimkan data ke dan dari komputer yang terhubung dengannya. Sedangkan hub aktif adalah hub yang menerima data dari perangkat yang terhubung, kemudian memiliki kemampuan untuk memperkuat data sebelum mengirim ke perangkat lain yang terhubung ke hub itu.

Jenis terakhir adalah hub cerdas, yang merupakan hub yang dilengkapi dengan fungsi tambahan tertentu. Melalui fungsi-fungsi tambahan ini, hub jenis ini dapat mengatur dan mengawasi aliran pergerakan data di hub.

Cara Kerja Hub

Hub bekerja dengan menerima data dari perangkat yang terhubung ke port-nya dan mengirimkannya ke perangkat lain yang terhubung ke port hub itu. Hub tidak dapat mendeteksi tujuan pengiriman data. Jadi hub akan mengirim data ke semua perangkat yang terhubung ke hub, tidak seperti saklar yang akan mengirim data ke perangkat yang dimaksud.

Ini membuat pengiriman data melalui hub menjadi kurang efisien karena hub mengirim data ke semua port secara bersamaan. Ini akan membuat penggunaan bandwidth jaringan melonjak. Karena itu biasanya ketika kita menggunakan hub, koneksi di komputer menjadi lambat.

Skema bagaimana hub bekerja

Dalam hal menghubungkan 2 komputer, kita hanya perlu menggunakan kabel UTP saja. Kemudian kedua komputer dapat terhubung. Tetapi dalam kasus lebih banyak komputer, misalnya hanya 10 komputer, maka kita membutuhkan hub ini untuk mengirim data dari satu komputer dan diteruskan ke 9 komputer lainnya.

Ketika hub menerima paket data dari 1 komputer, informasi tersebut akan dikirim ke 9 komputer lain. Meskipun ada kemungkinan bahwa data di kelas jaringan komputer kelas jaringan komputer kelas jaringan komputer kelas jaringan komputer hub diteruskan ke semua perangkat yang terhubung ke hub, pada kenyataannya data hanya akan diproses pada salah satu perangkat yang menjadi tujuan paket data.

Jadi ketika hub mengirim data ke semua perangkat yang terhubung, bandwidth jaringan akan kelebihan beban. Akibatnya, kecepatan akses data di jaringan akan melambat. Hub ini memang cukup efektif untuk menghubungkan jumlah komputer yang tidak terlalu banyak. Tetapi ketika lebih banyak komputer terhubung, hub ini akan menjadi penghalang. Saat itulah perangkat seperti sakelar digunakan.

Sekarang Anda mengerti definisi hub dan fungsinya serta cara kerjanya? Seperti yang dijelaskan dalam artikel di atas bahwa hub dapat digunakan untuk menghubungkan banyak komputer sehingga mereka dapat bertukar data. Meskipun kinerjanya di bawah saklar dan ini agak kuno, beberapa orang masih merasa nyaman menggunakan perangkat jaringan ini.

0 Response to "Apa itu Hub dan Fungsi serta Cara Kerjanya "

Posting Komentar