Apa itu Switch dan Fungsi serta Jenisnya

Pengertian Switch dan Fungsi serta Jenisnya - Switch adalah switch jaringan atau perangkat yang menjalankan segmentasi penghubung tak terlihat dari banyak jaringan dengan mengalihkan dengan melihat alamat MAC. 

Switch pada jaringan dapat digunakan untuk menghubungkan komputer atau hambatan di area terbatas, switch juga berfungsi pada lapisan data yang terhubung (data link). Cara kerjanya Switchmirip pada jembatan (bridge), tetapi Switch memiliki beberapa port sehingga sering disebut multi port bridge (jembatan pancaporta).

Fungsi Switch

Fungsi Switch adalah untuk manajemen lalu lintas di jaringan komputer, Switch memiliki tugas mentransfer paket data untuk sampai ke tujuan dengan perangkat yang tepat. Switch ini juga memiliki fungsi untuk menemukan jalur yang sangat bagus dan optimal dan memastikan pengiriman paket data yang efisien.

Jenis Switch

Secara umum, sakelar dibagi menjadi dua jenis, menurut OSI (Open System Interconnection), di mana terdapat dua sakelar dua lapisan dan sakelar tiga lapis.

Switch Layer 2 adalah switch yang mengoperasikan layer data link di layer model OSI. Switch dapat meneruskan paket dengan melihat alamat MAC tujuan, switch juga dapat melakukan fungsi jembatan antara segmen LAN (Local Area Network) karena switch mengirim paket data dengan melihat alamat yang akan ditangani tanpa mengetahui protokol jaringan yang digunakan.

Switch Layer 3 adalah switch yang terletak di layer jaringan pada layer model OSI. Di mana switch dapat meneruskan paket data menggunakan Alamat IP. Sakelar Layer 3 (tiga) biasanya disebut sebagai sakelar perutean atau sakelar multilayer.


Beberapa tipe atau tipe switch termasuk yang berikut:

ATM Switch
ATM (Asynchronous Transfer Mode) adalah mode transfer yang dibuat dalam bentuk sel. Tujuan dari asinkron adalah untuk mengulangi sel yang mengandung informasi dari pengguna dengan tidak menggunakan periodik.

Switch ISDN
ISDN (Integrated Services Digital Network) Switch atau Frame Relay Switch Over ISDN sering dalam Layanan Menyediakan bekerja seperti switch, tetapi memiliki perbedaan dalam antarmuka yang digunakan dalam bentuk kartu ISDN atau router ISDN.

Switch DSLAM
Multiplexer Jalur Pelanggan Digital (DSLAM, read de-lam) membuat saluran telepon untuk membuat koneksi cepat ke internet. Digital Subscriber Line Access Multiplexer adalah perangkat jaringan, yang ada dalam pertukaran telepon penyedia layanan.

Layanan yang terhubung ke beberapa pelanggan Digital Subscriber Lines (DSLs) dengan saluran internet backbone berkecepatan tinggi menggunakan teknik multiplexing. kelas jaringan komputer kelas jaringan komputer kelas jaringan komputer kelas jaringan komputer kelas jaringan komputer kelas jaringan komputer kelas jaringan komputer Dengan menempatkan DSLAM di lokasi terpencil dengan pertukaran telepon, perusahaan telepon menyediakan layanan DSL ke lokasi sebelumnya di luar jangkauan efektif.

Switch Ethernet
Switch Ethernet adalah perangkat interkoneksi LAN yang bekerja pada lapisan data-link (layer dua) dari model referensi OSI, switch pada dasarnya mirip dengan jembatan, tetapi mendukung lebih banyak segmen LAN yang terhubung dan memiliki kemampuan manajemen yang lebih banyak.

Jaringan LAN modern semakin digantikan oleh media bersama yang diaktifkan, dengan memasang sakelar etherne dan jembata di hub dan repeater. Partisi logis ini adalah lalu lintas untuk melakukan perjalanan ke hanya beberapa segmen jaringan di jalur antara sumber dan tujuan.

Ini akan membuat bandwidth lebih sedikit sehingga tidak terbuang dari hasil pengiriman paket ke bagian-bagian jaringan yang tidak perlu menerima data. Ada manfaat keamanan yang ditingkatkan (lebih sedikit penggunaan yang dapat memanfaatkan data pengguna lain).

Manajemen yang lebih baik (untuk mengendalikan siapa yang menerima informasi apa itu LAN asli) dan untuk membatasi dampak masalah jaringan. Dan juga kemampuan untuk melakukan beberapa operasi tautan dalam duplec penuh (lebih dari setengah dupleks diperlukan untuk mengakses bersama.

Bagaimana Switch Bekerja

Switch sebagai perangkat keras (hardware) pada jaringan komputer yang sama dengan HUB memiliki perbedaan bahwa Switch lebih pintar walaupun harganya lebih mahal daripada HUB.

Cara kerja Switch adalah dengan menerima paket data dari port dan kemudian akan melihat MAC-nya (Media Access Control) dan juga membangun koneksi logis dengan port yang terhubung ke node atau perangkat tujuan.

Sehingga selain port tujuan tidak bisa menerima paket data yang dikirim dan akan mengurangi keberadaan data tabrakan atau disebut collisions. Setiap perangkat yang terhubung ke port tertentu, alamat MAC-nya dan akan dicatat dalam tabel alamat MAC yang akan disimpan dalam memori cache cache.

Demikian telah dijelaskan tentang Memahami Switch, Fungsi, Jenis dan Cara Kerjanya (Lengkap), semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan Anda. Terima kasih telah mengunjungi dan jangan lupa membaca artikel lainnya.

0 Response to "Apa itu Switch dan Fungsi serta Jenisnya"

Posting Komentar