Apa itu RAM dan Fungsi serta Jenisnya

Pengertian RAM dan Fungsi serta Jenisny? Kedua istilah ini digunakan di bidang teknologi informasi sebagai media penyimpanan data komputer. Namun, arti kedua dari istilah ini sebenarnya berbeda.

Pengertian RAM dan Fungsi serta Jenisnya


RAM (random access memory) adalah perangkat keras di komputer yang berfungsi sebagai penyimpanan sementara data (memori) dan berbagai instruksi untuk program.

Isi RAM dapat diakses secara acak atau tidak tergantung pada pengaturan tata letak. Data dalam RAM dapat hilang ketika komputer dinonaktifkan atau daya listrik untuk catu daya dicabut dari perangkat.

Kapasitas RAM di komputer mempengaruhi tingkat kecepatan data atau proses pemuatan pada komputer. Sehingga proses penyimpanan data, membuka data, dan menjalankan program, akan lebih cepat sesuai dengan ukuran RAM komputer.

Fungsi RAM

Seperti disebutkan dalam arti RAM di atas, fungsi RAM pada umumnya adalah untuk membaca dan menyimpan data. Berikut adalah penjelasan:

1. Membaca data
Semua data dan informasi yang disimpan pada hard drive dapat dibuka lebih cepat karena peran RAm komputer.

Cobalah untuk membandingkan kecepatan loading membuka file atau program ketika pertama kali Diakses pada saat file (baca: file Sense) atau program telah dibuka sebelumnya. Ketika sebuah program atau file dibuka, data dibaca dan disimpan dalam RAM sementara sehingga akan dibuka kembali ketika komputer belum shutdown.

2. Penyimpanan sementara
RAM juga dapat berfungsi sebagai ruang penyimpanan sementara ketika program di komputer sedang berjalan. Jadi, ketika kita mengerjakan sesuatu, seperti membuat kertas, komputer akan menyimpan data sementara.

Namun, data tersebut harus disimpan secara permanen untuk mencegah kerusakan atau kerugian karena masalah yang tak terduga. kelas jaringan komputer kelas jaringan komputer kelas jaringan komputer Misalnya, listrik padam atau lonjakan arus listrik yang tidak stabil.

Baca juga: memahami brainware

Jenis RAM

Berikut adalah beberapa jenis RAM:

1. DRAM  (D RAM)
Dynamic RAM adalah jenis RAM yang disegarkan oleh CPU (Central processing unit) secara berkala sehingga data yang terkandung di dalamnya tidak hilang.

2. RAM SD
SDRAM (Sychronous Dynamic Random Access Memor) adalah RAM canggih dari DRAM namun telah mengalami sinkronisasi oleh jam sistem. SDRAM umumnya lebih cepat daripada DRAM.

3. DDR RAM
DDR RAM (Double rate random access memory) atau sering disebut DDR, yaitu jenis RAM dengan teknologi canggih dari SD RAM. DDR RAM juga memiliki generasi terbaru, yaitu DDR2 dan DDR3 dan Kemunkinan akan terus berlanjut.

4. RDR RAM
RDR RAM (RAMBUS Dynamic Access Memory) adalah jenis RAM yang prosesnya bekerja lebih cepat dan umumnya lebih mahal daripada SD RAM. Jenis SD RAM digunakan pada perangkat komputer yang menggunakan Pentium 4.

5. S RAM
S RAM (Static random access memory) adalah jenis RAM yang dapat menyimpan data di dalamnya tanpa harus refresh/refresh dari CPU. Jenis proses RAM bekerja lebih cepat daripada D RAM dan SD RAM.

6. RAM EDO
EDO RAM (Extended data Out random access memory) adalah jenis RAM yang digunakan pada perangkat dengan Pentium OS. Jenis memori ini dapat melakukan proses penyimpanan dan mengambil data pada saat yang sama.

0 Response to "Apa itu RAM dan Fungsi serta Jenisnya"

Posting Komentar