Apa itu LAN Card Dan Fungsinya Lengkap

Jaringan komputer tidak lagi menjadi hal yang asing bagi masyarakat. Mereka yang berada di kantor atau di kafe konvensional atau kafe internet untuk game online, tentu saja akrab dengan istilah jaringan komputer.

Pada jaringan komputer, setiap komputer terhubung satu sama lain dengan salah satu perangkat jaringan, seperti LAN Card.  Siapapun yang ingin fasilitas jaringan komputer dapat memanfaatkan layanan LAN Card ini. Katakanlah jaringan internet, printer jaringan, atau hanya menghubungkan semua komputer yang ada, Anda dapat memanfaatkan keberadaan LAN Card ini.

LAN atau Local Area Network adalah jenis jaringan yang menghubungkan dua atau lebih komputer ke jaringan. Untuk memungkinkan koneksi komputer dengan jaringan komputer, kartu LAN diperlukan. Singkatnya, LAN Card sangat akrab dengan keberadaannya dan dapat ditempelkan pada komputer, atau hanya dihubungkan ke perangkat keras utama yang ada di komputer. Penjelasan lebih lanjut tentang definisi kartu LAN, fungsi kartu LAN dan cara kerjanya Anda dapat melihat di bawah ini.

Pengertian LAN Card

NIC (Network interface Card) atau lebih akrab disebut LAN Card adalah perangkat keras jaringan yang berbentuk seperti kartu, di mana fungsi utama adalah untuk menghubungkan dua atau lebih komputer/perangkat komputer untuk melakukan pertukaran data.

Perangkat dapat dihubungkan ke jaringan komputer menggunakan alamat MAC. (Baca: Pengertian MAC Address dan Fungsinya) Dengan perangkat ini, setiap komputer dapat terhubung ke jaringan yang dimaksud. Bentuk kartu LAN yang membuatnya seperti kartu kredit. Ada beberapa jenis kartu LAN yang banyak ditemui, seperti kartu PCMCIA yang dapat digunakan di laptop.

Pengertian LAN Card Dan Fungsinya Lengkap


Salah satu hal yang menarik tentang kartu LAN adalah bahwa ada banyak cara untuk menghubungkan LAN Card ke komputer. Beberapa terhubung melalui port PCI yang ada di komputer, sementara beberapa sudah ' tertanam ' di motherboard komputer. Untuk pengguna laptop tidak perlu khawatir karena laptop generasi terbaru dilengkapi dengan LAN Card yang terintegrasi dan dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan jaringan komputer kabel atau nirkabel.

Terkait dengan kartu PCI pada PC komputer, ada Port Ethernet di mana pengguna menempatkan kabel jaringan. Satu hal yang perlu dipahami adalah bahwa LAN Card yang kita gunakan menentukan protokol yang digunakan pada jaringan.

Fungsi LAN Card

Dalam rangka untuk bertukar data antara komputer, kabel jaringan perlu dihubungkan dengan kartu LAN atau kartu antarmuka jaringan alias NIC. Seperti disebutkan sebelumnya, perangkat memungkinkan dua atau lebih komputer untuk terhubung dengan jaringan komputer seperti jaringan rumah atau Internet menggunakan kabel LAN yang dilengkapi oleh konektor RJ-45. Popularitas dan harga rendah dari LAN Card adalah alasan utama mengapa komputer saat ini tampaknya berkewajiban untuk membuat perangkat ini sebagai salah satu komponen utama yang harus diinstal pada motherboard.

Seperti perangkat komputer lainnya, penemuan kartu LAN tidak dipisahkan dari keinginan untuk mendapatkan fungsi atau manfaat tertentu, seperti:

Membuat sambungan fisik untuk setiap komputer. Keberadaan LAN Card ' dapat menyatukan ' semua komputer dalam satu jaringan tertentu. Pada saat yang sama, LAN Card bekerja dengan membuka ' pintu kelas jaringan komputer kelas jaringan komputer kelas jaringan komputer kelas jaringan komputer kelas jaringan komputer kelas jaringan komputer kelas jaringan komputer untuk semua komputer yang Anda ingin terhubung ke jaringan.
Menyediakan saluran data. LAN Card tidak hanya dengan membuka pintu untuk setiap komputer yang terhubung, tetapi juga memberi jalan keluar dari aliran data antara komputer.

Cara kerja LAN Card

Dua atau lebih komputer tidak akan dapat terhubung satu sama lain jika mereka tidak menggunakan perangkat jaringan, seperti LAN Card. Perangkat keras menghubungkan setiap komputer ke jaringan dengan menggunakan alamat MAC. Kinerja kartu LAN tidak melepaskan pengaruhnya dari OSI (Open System Interconnectioons). OSI adalah model teoritis pada jaringan komputer, dan terdiri dari 7 lapisan.

Dua lapis pertama dari OSI adalah lapisan fisik dan juga lapisan data link. Masing-masing lapisan OSI memungkinkan lapisan lain untuk tetap independen. Upaya untuk meningkatkan atau mengganti satu lapisan tidak akan mempengaruhi kemandirian lapisan lain. Ini berarti bahwa jika perangkat menggantikan kartu LAN, elemen komputer lain, seperti protokol, tidak akan berubah.

0 Response to "Apa itu LAN Card Dan Fungsinya Lengkap"

Posting Komentar