Apa itu CPU dan Fungsinya serta Cara Kerjanya

Pengertian CPU dan Fungsinya serta Cara Kerjanya - CPU adalah perangkat keras komputer yang memiliki tugas menerima dan mengeksekusi perintah dan data dari perangkat lunak. Karena merupakan pusat pengolahan data di komputer, CPU sering disebut sebagai prosesor. Kinerja komputer yang cepat atau lambat cukup ditentukan oleh kualitas dan teknologi CPU yang digunakan.

Komponen CPU


CPU memiliki berbagai komponen di dalamnya, termasuk yang berikut:

1. unit kontrol
Unit kontrol adalah bagian dari prosesor yang mengatur jalur program. Komponen ini terkandung dalam semua CPU. Salah satu tugas dari unit kontrol adalah untuk mengambil petunjuk dari memori utama dan menentukan jenis instruksi. Operasi. Hasil pemrosesan data dilakukan oleh unit kontrol ke memori utama lagi untuk disimpan, dan dalam waktu akan disajikan ke alat output. Dengan demikian unit kontrol dapat mengontrol komputer sehingga ada kerja sinkronisasi antara komponen dalam menjalankan fungsi.

2. Register
Register adalah alat penyimpanan berukuran relatif kecil tetapi memiliki kecepatan akses yang cukup tinggi dengan fungsi untuk menyimpan data atau instruksi yang sedang diproses. Memori ini bersifat sementara, biasanya digunakan untuk menyimpan data ketika sedang dalam proses atau data untuk pemrosesan selanjutnya.

3. Aritmatika logika unit
Aritmatika logika unit atau dapat disingkat oleh ALU adalah bagian dari CPU yang memiliki tugas melakukan operasi aritmatika dan operasi logika berdasarkan petunjuk yang ditentukan. ALU sering disebut sebagai mesin bahasa karena ALU terdiri dari dua bagian, yaitu unit aritmatika dan unit logika Boolean yang masing-masing memiliki spesifikasi tugasnya sendiri. kelas jaringan komputer kelas jaringan komputer kelas jaringan komputer kelas jaringan komputer Tugas utama ALU adalah untuk melakukan semua perhitungan aritmatika yang terjadi sesuai dengan instruksi program. ALU melakukan semua operasi aritmatika dengan dasar penjumlahan sehingga sirkuit elektronik yang digunakan disebut Adder.

Fungsi CPU

Fungsi utama dari CPU adalah untuk melakukan operasi aritmatika dan logika terhadap data yang Diperoleh dari memori atau dari informasi yang diberikan melalui beberapa perangkat keras. CPU hampir sama dengan kalkulator, hanya CPU jauh lebih kompleks dalam pengolahan dari instruksi yang diberikan. Instruksi ini kemudian disimpan di muka pada RAM, setiap instruksi akan diberikan alamat unik yang disebut alamat memori. Selain itu, CPU dapat mengakses data pada RAM dengan menentukan alamat dari data yang dipilih.

0 Response to "Apa itu CPU dan Fungsinya serta Cara Kerjanya"

Posting Komentar