Apa itu Power Supply dan Fungsinya

Pengertian Power Supply dan Fungsinya - Apa itu Power Supply? Power Supply adalah salah satu hardware di perangkat komputer yang berfungsi untuk memberikan catu daya. Biasanya komponen daya supplay ini dapat ditemukan pada mengejar komputer dan bentuk persegi.

Pada dasarnya Power Supply membutuhkan sumber daya yang kemudian dikonversi menjadi energi yang menggerakkan perangkat elektronik. Sistem ini bekerja cukup sederhana dengan mengubah kekuatan 120V menjadi bentuk aliran dengan kekuatan yang sesuai dengan kebutuhan komponen tersebut.

Sesuai dengan rasa catu daya pada komputer, fungsi utamanya adalah mengubah AC saat ini menjadi arus DC yang kemudian ditransformasikan menjadi komponen yang diperlukan daya atau energi dari komputer seperti motherboard, Ruang CD, hardisk, dan komponen lainnya.

Berdasarkan desainnya, catu daya dapat diklasifikasikan menjadi dua jenis, yaitu:

Catu daya internal; Catu daya IE yang dibuat terintegrasi dengan motherboard atau papan jaringan utama. Misalnya Ampilifier, televisi, DVD player; Catu dayanya terintegrasi dengan motherboard di dalam mengejar perangkat.

Catu daya/catu daya eksternal; Catu daya dibuat secara terpisah dari motherboard perangkat elektronik. Misalnya charger laptop dan HP charger.

Baca juga: memahami router

Fungsi Computer Power Supply


Dalam bahasa Indonesia, Power Supply berarti sumber daya. Fungsi dari Power Supply adalah untuk memberikan kekuatan arus listrik untuk berbagai komponen atau hardware (baca: hardware Sense) yang terkandung dalam mengejar komputer.

Sumber energi listrik yang berasal dari luar masih berbentuk arus bolak-balik (AC). Ketika energi listrik masuk ke catu daya, energi listrik akan dikonversi menjadi bentuk arus searah (DC). kelas jaringan komputer kelas jaringan komputer kelas jaringan komputer kelas jaringan komputer kelas jaringan komputer kelas jaringan komputer kelas jaringan komputer Daya DC ini kemudian disalurkan ke semua komponen yang ada di komputer mengejar untuk dapat bekerja.

Salah satu sisi catu daya umumnya tersedia kipas yang berguna untuk membuang udara panas dari dalam komputer mengejar. Selain itu, catu daya juga memiliki Port jantan IEC 60320 C14 yang berfungsi sebagai penghubung antara sumber energi dan catu daya.

Jenis Power Supply

Berdasarkan fungsinya, ada dua jenis Power Supply yang biasa digunakan pada komputer dan keduanya memiliki perbedaan yang signifikan. Jenis catu daya adalah sebagai berikut:

1. Catu daya AT
Bisa dibilang ini adalah jenis catu daya yang pertama kali digunakan pada jenis era komputer seperti dalam jenis Pentium II dan Pentium III pada ' 97. Jadi untuk saat ini penggunaan Power Supply AT sudah tidak banyak ditemukan pada jenis terbaru dari perangkat komputer.

Fitur Power Supply AT:
Memiliki 8-12 output terminal yang terhubung pada motherboard komputer
Umumnya memiliki daya di bawah 250 watt
Karena tombol daya on dan OFF terhubung ke komputer mengejar, kemudian untuk mematikannya harus dilakukan secara manual saat mematikan komputer.

2. catu daya ATX
ATX Power Supply adalah sebuah update dari jenis Power Supply AT. Power Supply ini memiliki desain yang lebih kompleks dengan sumber pasokan energi listrik yang lebih efisien.

Daya suplly ATX saat ini ditemukan di jenis terbaru dari komputer di mana operasi dapat dikendalikan oleh perangkat lunak yang telah terinstal di komputer. Sehingga dapat diatur dalam beberapa mode seperti modus tidur, modus siaga dan mode ketika komputer dimatikan.

Karakteristik Power suplly ATX:

Memiliki 20 hingga 24 output terminal yang dihubungkan ke motherboard
Pakai lebih banyak daya
Ketika PC Shuttdown maka catu daya ini akan mati sepenuhnya

Komponen Power Supply

Mengacu pada rasa catu daya, perangkat keras ini berfungsi untuk mengubah AC saat ini menjadi arus DC dan menyalurkan ke berbagai komponen komputer dalam pengejaran. Untuk membentuk tegangan maka dibutuhkan beberapa komponen, Adapun komponen Power Supply adalah sebagai berikut:

1. transformator
Ini adalah komponen di dalam Power Supply yang digunakan untuk menggerakkan tenaga listrik antara dua atau lebih sirkuit listrik melalui induksi elektromagnetik.

2. dioda
Ini adalah kombinasi dari dua kata elektrode, yaitu anoda dan katoda. Sifat dioda adalah untuk memberikan arus pada tegangan maju dan menghambat arus dalam aliran tegangan terbalik.

3. kapasitor
Kapasitor berfungsi sebagai penyempitan pengiriman tegangan arus AC ke Voltase arus DC.

4. resistor
Resistor adalah perangkat yang membantu Power Supply dalam menurunkan tegangan, membagi tegangan, dan membatasi arus listrik yang masuk, sehingga akan dapat mengontrol perangkat keras yang ada pada motherboard.

5. regulator IC
IC regulator berfungsi untuk mengatur tegangan di sirkuit elektronik selalu tetap stabil.

6. LAMPU LED
LED pada Power Supply adalah komponen dari dioda semikonduktor yang memiliki hak istimewa.

Bagaimana Power Supply bekerja

Ketika pengguna menyalakan daya pada komputer, catu daya akan melakukan pemeriksaan dan tes sebelum melakukan sistem komputer. Jika tes berjalan dengan baik maka catu daya akan mengirim sinyal (kekuasaan baik) ke mainboard sebagai tanda bahwa sistem komputer siap untuk beroperasi.

Selanjutnya, catu daya atau suplai akan membagi daya sesuai dengan kapasitas yang diperlukan dari setiap komponen komputer. Selain memasok tenaga listrik ke komponen komputer, catu daya juga mempertahankan stabilitas arus listrik dalam berbagai komponen.

Dari penjelasan catu daya dan fungsi di atas, itu sama pentingnya dengan CPU pada komputer yang sering dianggap sebagai otak komputer. Jika ada gangguan pada catu daya, itu akan menyebabkan pemadaman listrik pada komponen komputer.

Tinjauan singkat seperti memahami catu daya, fungsi catu daya, jenis catu daya, serta komponen dan cara kerjanya. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Apa itu Power Supply dan Fungsinya"

Posting Komentar