Apa itu Modem Dan Fungsinya Serta Jenisnya

Pengertian modem, fungsi modem dan jenis MODEM pada jaringan internet-sebagai era berkembang, waktu yang maju dan semakin dilengkapi dengan teknologi teknologi canggih terutama teknologi internet. Dimana internet sudah memiliki jangkauan yang luas bahkan dapat diakses ke seluruh pelosok Indonesia.

Nah sekarang pengembangan Internet telah menjadi lebih mudah diakses. Alat penyedia sinyal internet ini disebut modem. Tentunya Anda sudah tahu modem ini benar...?, modem alasan digunakan untuk mengakses internet.

Dengan modem ini perlu mengakses Internet menjadi mudah bahkan sangat berpengaruh baik membuat kinerja yang berhubungan dengan internet lebih mudah. Tapi apakah Anda tahu apa adalah gagasan dari modem?, apa fungsi dan jenis modem?. Ingin tahu jawabannya. Baca lebih lanjut di bawah ini.

Pengertian Modem


Modem adalah singkatan dari demodulator Modulator. Dimana dua kata ini memiliki arti Modulator adalah bagian yang berfungsi untuk mengubah sinyal informasi ke sinyal dari pembawa yang siap untuk dikirim, sedangkan makna dari demodulator adalah bagian untuk memisahkan sinyal informasi dari sebuah Carri baik diterima sinyal yang lebih kuat. Dengan kata lain, modem adalah jenis alat komunikasi dua arah.

Jenis modem


⊃ Eksternal modem
Modem eksternal adalah alat yang digunakan untuk komputer untuk mengakses internet di mana data yang berasal dari komputer yang dalam bentuk sinyal digital akan dikonversi menjadi sinyal analog. kelas jaringan komputer kelas jaringan komputer kelas jaringan komputer kelas jaringan komputer kelas jaringan komputer kelas jaringan komputer kelas jaringan komputer kelas jaringan komputer kelas jaringan komputer Jadi jika modem menerima data dalam bentuk sinyal analog akan dikonversi menjadi sinyal digital kemudian akan diproses lebih oleh komputer. Sinyal analog ini dapat dikirim menggunakan media telekomunikasi seperti telepon dan radio.

⊃ Internal modem
Jika data sudah tiba di modem dimaksudkan maka sinyal analog ini akan berubah kembali menjadi sinyal digital dan dikirim langsung ke komputer.

⊃ ISDN modem
Modem ISDN berasal dari akronim Integrated Services digital Network adalah sistem telekomunikasi dalam pelayanan data, suara, atau gambar yang akan diintegrasikan ke dalam jaringan, di mana jaringan menyediakan end-to-end konektivitas digital untuk mendukung berbagai cakupan layanan.

⊃ GSM modem
Sebuah modem GSM adalah jenis modem yang menggunakan ponsel sebagai media sistem untuk transfer data. Modem GSM biasanya didukung dengan menggunakan kartu koneksi yang mendukung Provider dengan properti GSM.

⊃ Analog modem
Sebagai nama menyiratkan fungsi modem analog ini adalah sebagai alat untuk membentuk sinyal analog kemudian dikonversi menjadi sinyal digital

⊃ Modem ADSL
Modem ADSL berasal dari singkatan Asymetric digital Subscribe line adalah alat untuk mengakses internet dan menggunakan telepon analog secara bersamaan. Dimana menggunakannya dibantu menggunakan perangkat penghubung yang disebut splitter. The Splitter fungsi pada ADSL adalah untuk menghilangkan gangguan sehingga hasil dapat berjalan secara simultan, IE dapat menggunakan internet dan juga dapat menggunakan telepon biasa. Tapi jangan bertabrakan satu sama lain.

⊃ Kabel modem
Sebuah modem kabel adalah jenis modem yang digunakan untuk menerima data langsung dari penyedia layanan melalui TV kabel.

⊃ Wireless Modem
Wireless atau dalam bahasa Indonesia disebut wireless, adalah sebuah teknologi yang menghubungkan dua perangkat untuk bertukar data tanpa media kabel. Cara kerja modem nirkabel: data ditukar melalui media gelombang cahaya tertentu (seperti teknologi inframerah pada remote TV) atau gelombang radio (seperti Bluetooth pada komputer dan ponsel) dengan frekuensi tertentu.

⊃ CDMA modem
Modem CDMA adalah sejenis modem yang menggunakan frekuensi CDMA 800 MHz atau CDMA 1x. Bahkan terbaru modem CDMA sudah menggunakan EVDO Rev-A frekuensi atau setara 3G dan yang paling baru bahkan yang dikembangkan adalah modem CDMA dengan frekuensi EVDO Rev-B.

Fungsi modem

Secara umum, fungsi modem adalah sebagai perangkat keras atau perangkat keras yang berguna untuk mengubah arah komunikasi 2 yaitu mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog dan sebaliknya. Fungsi modem lainnya adalah:

  1. Alat Changer sinyal digital untuk sinyal analog
  2. Menyambungkan perangkat dalam jaringan
  3. Melakukan kegiatan modulasi dan demodulasi
  4. Melakukan pemeriksaan dan komunikasi paket data
  5. Kompres data yang ditransmisikan melalui sinyal.


Jadi memahami modem, modem fungsi dan jenis modem di internet yang kita dapat menjelaskan. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Apa itu Modem Dan Fungsinya Serta Jenisnya"

Posting Komentar