Memahami Topologi Bus dan Kelebihan Serta Kekurangannya

Pengertian Topologi Bus dan Kelebihan Serta Kekurangannya - Topologi bus adalah topologi jaringan komputer yang menggunakan satu kabel untuk transfer media. Jadi, dalam prakteknya jenis topologi ini menggunakan kabel pusat untuk tempat menghubungkan semua klien dan server. Selain itu, topologi bus juga berarti jenis topologi yang menggunakan satu kabel untuk transfer media.

Dimana setiap klien yang menggunakan topologi ini akan terhubung dengan server yang sudah ada. Bisa jadi topologi bus ini adalah metode untuk menghubungkan 2 atau lebih komputer dalam serial, menggunakan kabel utama untuk pusat data lalu lintas. Topologi ini biasanya digunakan untuk jaringan skala kecil.

Setiap perangkat jaringan komputer akan langsung terhubung dengan satu kabel yang sering disebut sebagai bus. Topologi ini biasanya menggunakan konektor T, Terminator, dan BNC. Adapun media transmisi data menggunakan kabel koaksial, seperti namanya, desain jenis jaringan ini ditetapkan seperti yang ada di bus.

Oleh karena itu, jenis topologi ini lebih sering dimanfaatkan oleh perusahaan kecil. Karena karakteristiknya mudah dikenali. Ada satu kabel yang pasti akan membentang di semua jaringan, kabel ini menjadi tulang punggung di setiap topologi jaringan. Jadi, setiap perangkat jaringan akan dihubungkan oleh konektor T dan membagi jalannya sehingga perangkat terhubung ke kabel utama.

Apa yang dimaksud dengan topologi bus?


Memahami topologi bus adalah topologi yang merupakan cara dalam jaringan komputer untuk menghubungkan jaringan satu dengan yang lain menggunakan satu kabel yang terhubung ke klien dan server. Metode topologi bus ini digunakan pada jaringan skala kecil yang semua perangkat saling berhubungan dan membentuk bus, oleh karena itu disebut topologi bus.

Topologi bus menggunakan kabel BNC dan T konektor dan pada kedua ujungnya diberikan Terminator. Topologi ini mencakup sederhana dan mudah digunakan, tetapi sampai sekarang topologi bus telah ditinggalkan dan tidak digunakan lagi karena lalu lintas data yang berat sehingga sangat mudah rusak dan jaringan langsung tidak bekerja jika hanya satu node rusak.

Berdasarkan rasa topologi bus dapat disimpulkan tentang prinsip dan fungsi topologi bus hanya dengan satu komputer sebagai server maka jaringan rusak-pecah dengan kabel jenis koaksial sehingga nanti pada masing-masing-jaringan dan koneksi memiliki bus untuk Konektor.

Fungsi topologi bus

Fungsi dari topologi bus ini sebenarnya untuk menghubungkan 2 atau bahkan lebih jaringan komputer. Dengan cara itu, Jaringan komputer dapat bertukar informasi. Jadi, mudah untuk melihat dari definisi di atas, prinsip kerja topologi ini adalah menjadi server.

Setelah itu, Jaringan akan dipecah menggunakan sambungan kabel. Dengan begitu, setiap jaringan komputer dapat memiliki bus untuk terhubung. kelas jaringan komputer kelas jaringan komputer kelas jaringan komputer kelas jaringan komputer kelas jaringan komputer kelas jaringan komputer Pemanfaatan topologi bus ini dapat digunakan untuk memfasilitasi koneksi klien dan server dalam 1 jaringan. Jadi, Jaringan menjadi lebih mudah bila Anda ingin berbagi informasi data.

Selain itu, jika ada satu server yang mendapatkan tugas untuk memberikan layanan kepada sejumlah kecil klien, maka topologi bus ini dapat dimanfaatkan. Karena topologi dari bus ini akan terhubung pada setiap komputer, menggunakan satu kabel utama yang panjang dan memiliki banyak terminal. Kabel utama yang digunakan akan kemudian menjadi lalu lintas data.

Saat ini, topologi bus sering digunakan untuk jaringan komputer. Karena fungsi topologi bus sebenarnya sama dengan fungsi topologi jaringan secara umum yaitu, sama-sama berguna untuk menghubungkan 2 komputer. Sehingga semua dari mereka dapat berkomunikasi dan bertukar data informasi dengan mudah dan cepat.

Topologi bus fitur

Karakteristik dari topologi bus adalah bahwa setiap komputer yang terhubung dalam satu jaringan melalui kabel tunggal akan menjadi media transmisi. Kabel tunggal kemudian akan menjadi tulang punggung yang berguna sebagai pengumpan data.

Setiap ujung kabel utama selalu melekat pada Terminator. Bagian ini nantinya akan berguna untuk menghentikan sinyal, sementara mencegah tabrakan sinyal terjadi. Anda dapat mengatakan bahwa topologi bus adalah teknologi lama. Karena topologi ini hanya menghubungkan 1 kabel hanya pada 1 baris. Jadi, tidak ada peralatan aktif yang diperlukan untuk menghubungkan Terminal.

Setiap komputer dalam topologi ini sebenarnya tidak terhubung ke perangkat komputer lain secara langsung. Namun, setiap komputer dihubungkan dengan satu kabel. Kabel tunggal ini nantinya akan menjadi jalur bersilang data. Biasanya, ujung kabel utama yang terhubung di Terminator berguna sebagai stop sinyal.

0 Response to "Memahami Topologi Bus dan Kelebihan Serta Kekurangannya"

Posting Komentar