Bagian-bagian Komponen Motherboard dan Fungsinya

Bagian-bagian Komponen Motherboard dan Fungsinya - Berbicara tentang hardware, pada sistem komputer cukup menarik untuk dibahas. Salah satu contohnya adalah CPU. Dalam komponen CPU ada nama  "motherboard " atau  "Parent Board ".

Motherboard adalah perangkat keras yang berfungsi sebagai tempat berbagai jenis perangkat keras sistem komputer yang saling berhubungan. Atau bisa dikatakan motherboard sebagai media untuk menghubungkan perangkat komputer. Bentuk motherboard menyerupai papan seperti nama istilah.

Berbicara tentang motherboard, ternyata bahwa perangkat keras yang satu ini memiliki beberapa komponen yang mungkin tidak banyak dikenal oleh orang, dan tentu saja komponen tersebut memiliki fungsi mereka sendiri. Apa saja komponen motherboard? Mari kita lihat deskripsi komponen motherboard di bawah ini!

Bagian-bagian Komponen Motherboard dan Fungsinya

Berikut adalah komponen motherboard yang Anda dapat mengenali dan mempelajari fungsinya untuk menghindari salah dalam menginstal atau menggunakannya. Ayo lihat penjelasan dari 8 jenis komponen dari motherboard di bawah ini:

1. Soket Prosessor atau soket CPU

Bagian-bagian Komponen Motherboard dan Fungsinya

Socket CPU adalah komponen motherboard yang digunakan sebagai tempat untuk menginstal Prosessor. Dari penampilannya pada CPU, komponen yang satu ini memiliki 4 lubang yang berguna untuk buffering dari heatsink fan. Mengapa memiliki lubang? Karena lubang digunakan sebagai konduktor panas ketika Prosessor Socket bekerja.

Pada pemilihan motherboard, tidak dapat sembarangan. Karena soket CPU yang ada di motherboard dengan prosesor yang digunakan dapat berbeda. Jadi memilih komponen soket CPU yang harmonisasi/cocok dengan CPU yang tersedia.

Misalnya, Anda memiliki AMD CPU (motherboard), tidak menggunakan motherboard jika CPU Anda memiliki Intel CPU, karena jelas keduanya berbeda sehingga tidak dapat digunakan. Sebelum membeli motherboard, silakan pemberitahuan terlebih dahulu jenis soket yang Anda memiliki CPU. Dan pastikan motherboard yang akan dipasang cocok/Sopport/Kompetibel dengan Prossesornya. Agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

2. Slot memori
Bagian-bagian Komponen Motherboard dan Fungsinya

Komponen motherboard berikutnya adalah slot memori. RAM terkait erat dengan komponen yang satu ini, di mana tempat untuk menginstal RAM menggunakan slot memori. Bentuk fisik dari slot memori ini meluas, sesuai dengan RAM. CPU posisi CPU biasanya berdekatan dengan slot memori. Secara umum, jumlah slot memori lebih dari 1 slot.

Ketika membeli RAM baru, pastikan bahwa jenis RAM yang cocok untuk slot memori yang Anda miliki. Karena slot memori yang berbeda juga jenis RAM yang berbeda.

3. Slot SATA dan slot IDE
Bagian-bagian Komponen Motherboard dan Fungsinya


Slot SATA dan slot IDE memiliki bentuk yang berbeda, tetapi mereka memiliki fungsi yang sama. Fungsinya adalah sebagai media penghubung antara CD/DVD-ROM atau hard disk ke motherboard. Bentuk slot SATA dan slot IDE disesuaikan dengan kabel yang digunakan. kelas jaringan komputer kelas jaringan komputer kelas jaringan komputer kelas jaringan komputer kelas jaringan komputer kelas jaringan komputer Sebagai contoh, untuk slot SATA menggunakan yang lebih kecil, kabel SATA berbentuk kawat. Sementara slot IDE menggunakan kabel IDE dengan ukuran yang lebih besar dari kabel SATA, bentuknya meluas.

Penggunaan slot IDE telah mulai jarang digunakan. Alasannya adalah bahwa hard disk yang tersedia sekarang sebagian besar jenis SATA Hard Drive sehingga banyak pengguna menggunakan slot SATA. Tapi itu tidak berarti slot IDE tidak dapat digunakan pada motherboard.

Bagaimana memilih motherboard yang sesuai pilih yang sudah dilengkapi dengan slot SATA, karena beberapa Keluaran motherboard lama tidak ada slot SATA. Tetapi jika jenis hard drive Anda memiliki jenis hard drive IDE tidak masalah jika menggunakan slot IDE tanpa dilengkapi dengan slot SATA.

4. Slot PCI dan slot AGP
Bagian-bagian Komponen Motherboard dan Fungsinya


Slot PCI dan slot AGP memiliki fungsi yang sama. Fungsinya adalah sebagai tempat untuk instalasi kartu VGA atau Graphic Card. biasanya output kartu VGA lama menggunakan AGP. Namun, kartu VGA AGP biasanya ditemukan pada komputer yang lebih tua, jarang dalam output komputer terbaru. Sehingga motherboard yang banyak digunakan saat ini adalah slot PCI.

5. Chip UEFI dan sistem output input dasar (BIOS)
Bagian-bagian Komponen Motherboard dan Fungsinya

BIOS adalah sebuah chip. Fungsi dari BIOS ini adalah untuk mengontrol semua perangkat keras (perangkat) yang ada di komputer. Salah satu yang bertanggung jawab untuk booting komputer adalah BIOS ini.

Saat ini, dengan perkembangan teknologi, peran BIOS telah digantikan oleh UEFI. Tapi fungsi UEFI tetap sama dengan BIOS. Namun UEFI canggih dari BIOS. Hal ini juga bentuk yang sama chip tetapi lokasi chip ini tidak sama pada setiap motherboard. Cara untuk mengetahui lokasi adalah bahwa ada tulisan/merek, seperti BIOS/UEFI.

Komponen motherboard yang satu ini memiliki peran yang cukup bertobat. Fungsi konektor daya adalah sebagai penghubung antara catu daya dan motherboard.

6. Baterai CMOS
Bagian-bagian Komponen Motherboard dan Fungsinya


Gratis logam oksida semikonduktor atau CMOS adalah baterai yang kecil dalam ukuran. Ini berfungsi sebagai sumber daya untuk BIOS. Fungsi lain adalah untuk menyimpan pengaturan pada komponen BIOS. Ukurannya kecil, tetapi lebih besar dari baterai jam.

Ketika Anda lupa password ketika Anda login ke BIOS Anda dapat mencabut Battery CMOS. Hal ini karena fungsi BIOS akan kembali ke pengaturan default produsen ketika Baterai CMOS dicabut.

7. Konektor daya
Bagian-bagian Komponen Motherboard dan Fungsinya


Komponen motherboard yang satu ini memiliki peran yang cukup penting. Fungsi konektor power adalah sebagai penghubung antara catu daya dan motherboard.

8. Port input/output (Port I/O)
Bagian-bagian Komponen Motherboard dan Fungsinya


Komponen motherboard-Port I/O

Port input/output adalah komponen Liquid dari motherboard yang berinteraksi langsung dengan komputer pengguna. Karena Port I/O bagus  "flashy " atau Hubungkan berbagai perangkat (hardware) atau input ke komputer. Misalnya USB, port LAN, dan sebagainya.

Jadi penjelasan komponen motherboard. Untuk itu sebelum membeli atau menginstal komponen motherboard pertama yang memastikan atau memeriksa spesifikasi dari motherboard yang Anda miliki agar tidak salah dalam unitages, sehingga perangkat dapat menjalankan/mendukung sistem dapat berfungsi dengan baik.

0 Response to "Bagian-bagian Komponen Motherboard dan Fungsinya"

Posting Komentar